Kompas.com - 12/11/2020, 09:44 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com – Dalam suatu keluarga, peran dan tanggung jawab seorang ayah tak kalah penting dari ibu. Keterlibatan seorang ayah sangat dibutuhkan untuk menguatkan dan mendampingi ibu dalam mengasuh serta mendidik anak.

Bersama ibu, ayah menjadi sosok sentral dalam keluarga dan pertumbuhan anak. Ayah memiliki tanggung jawab yang berfungsi sebagai cermin untuk memperlihatkan kualitas keluarganya ke orang lain.

“Keberhasilan ayah sesungguhnya adalah ketika ia bisa menjadikan keluarganya sejahtera, istri bahagia, dan anak tumbuh dengan sehat serta berhati mulia,” ujar Editor in Chief Nakita.id David Togatorop yang juga seorang ayah.

Melihat pentingnya peran seorang ayah Nakita.id menggelar Digital Activity bertajuk "Ayah S.I.A.P".

Acara ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada ayah sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ayah yang jatuh pada 12 November.

Baca juga: Alasan 12 November Diperingati sebagai Hari Ayah Nasional

Kualitas ayah
Sekarang ini pemisahan tugas antara seorang ayah dengan ibu seakan tak memiliki batas. Seorang ayah juga dituntut menjadi serba bisa, bukan lagi hanya sebagai pencari nafkah keluarga.

Berbagai hal atau kebiasaan tradisional yang dulunya mungkin hanya dilakukan seorang ibu kini menjadi terlihat biasa dan seolah mewajibkan ayah untuk sanggup melakukannya.

Seorang ayah dituntut untuk memiliki empat macam kualitas dalam dirinya yaitu smart, inspirational, active, dan playful (S.I.A.P).

Ayah harus pintar (smart) mengatasi berbagai masalah dalam keluarga. Selain itu, ayah juga harus menjadi sosok yang memberi inspirasi (inspirational) bagi keluarganya. Entah dalam hal memimpin, menjadi role model, maupun memberikan kehangatan dalam keluarga.

Seorang ayah juga harus tetap dalam kondisi sehat dan prima (active) agar mampu menjadi tiang yang kokoh di keluarga. Tak lupa, ayah harus menghadirkan keceriaan dalam keluarga (playful) guna menjaga kesehatan mental keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X