Kompas.com - 12/11/2020, 12:46 WIB
Ilustrasi kucing. PEXELS/ANEL ROSSOUWIlustrasi kucing.

KOMPAS.com— Kucing menjadi salah satu binatang favorit untuk menjadi peliharaan. Bulunya yang halus, tingkahnya yang lucu dan manja membuat hewan ini semakin menggemaskan.

Selain itu, memelihara kucing juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah delapan manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sama seperti anjing, memiliki kucing dapat menurunkan stres. Dalam jangka panjang, stres yang terkendali dapat memiliki efek langsung pada risiko penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, jantung, dan stroke.

Baca juga: Kurangi Risiko Alergi dengan Memiliki Hewan Peliharaan

2. Membantu anak penyandang autis

Peneliti dari University of Missouri, AS, menemukan bahwa interaksi sosial anak autis meningkat secara dramatis saat berada di sekitar hewan peliharaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi tersebut, separuh keluarga yang berpartisipasi dalam studi memelihara kucing. Orangtua melaporkan keterikatan yang kuat terbentuk antara mereka dan anak-anak mereka.

"Keterampilan sosial semacam ini biasanya sulit bagi anak-anak autisme," kata Gretchen Carlisle, peneliti di Pusat Penelitian Interaksi Manusia-Hewan.

Selain itu, ketegasan komuniasi anak-anak juga lebih besar jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan.

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Peliharaan Sering Belekan

3. Membantu penyembuhkan tulang, tendon, dan otot

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X