Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2020, 12:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Kucing menjadi salah satu binatang favorit untuk menjadi peliharaan. Bulunya yang halus, tingkahnya yang lucu dan manja membuat hewan ini semakin menggemaskan.

Selain itu, memelihara kucing juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah delapan manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sama seperti anjing, memiliki kucing dapat menurunkan stres. Dalam jangka panjang, stres yang terkendali dapat memiliki efek langsung pada risiko penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, jantung, dan stroke.

Baca juga: Kurangi Risiko Alergi dengan Memiliki Hewan Peliharaan

2. Membantu anak penyandang autis

Peneliti dari University of Missouri, AS, menemukan bahwa interaksi sosial anak autis meningkat secara dramatis saat berada di sekitar hewan peliharaan.

Dalam studi tersebut, separuh keluarga yang berpartisipasi dalam studi memelihara kucing. Orangtua melaporkan keterikatan yang kuat terbentuk antara mereka dan anak-anak mereka.

"Keterampilan sosial semacam ini biasanya sulit bagi anak-anak autisme," kata Gretchen Carlisle, peneliti di Pusat Penelitian Interaksi Manusia-Hewan.

Selain itu, ketegasan komuniasi anak-anak juga lebih besar jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan.

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Peliharaan Sering Belekan

3. Membantu penyembuhkan tulang, tendon, dan otot

Dengkuran kucing tidak hanya menunjukkan bahwa mereka sedang merasa bahagia. Suara ini juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia.

Ini berkaitan dengan frekuensi getaran dengkuran pada 20-140 HZ.

Dengan penelitian seperti ini yang menunjukkan bahwa frekuensi dalam kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera, para ilmuwan terpikir tentang bagaimana suara kucing dapat membantu manusia.

Ilustrasi kucing. SHUTTERSTOCK/STOKKETE Ilustrasi kucing.

“Hubungan antara frekuensi dengkuran kucing dan penyembuhan yang lebih baik dari tulang dan otot dapat memberikan bantuan untuk beberapa manusia,” ujar Leslie A. Lyons asisten profesor di Sekolah Kedokteran Hewan di Universitas California.

4. Membantu percintaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com