Kompas.com - 12/11/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Banyak wanita di atas 50 tahun yang ingin tetap tampil bugar. Maka, tak sedikit dari mereka yang mencari cara untuk menjaga kesehatan dengan melakukan diet.

Sayangnya, banyaknya ragam dan pilihan diet bisa memusingkan, dan juga tidak semuanya cocok dan baik untuk kesehatan.

Sementara, diet yang baik diperlukan untuk mendukung fungsi jantung dan otak, membantu mengontrol gejala menopause, serta meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Baca juga: Diet Mediterania Dinilai Memiliki Manfaat Kesehatan Jangka Panjang

Ada pun, pilihan diet yang dianjurkan untuk wanita dengan usia lanjut tentunya harus yang dapat diikuti dengan mudah.

Lalu, diet tersebut juga harus dapat disesuaikan kebutuhan nutrisi, tidak terlalu membatasi, dan memiliki gizi yang seimbang.

Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis diet yang dipercaya cocok dengan para perempuan di atas 50 tahun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Diet mediterania

Diet mediterania secara konsisten dinilai sebagai salah satu pola makan tersehat bagi hampir semua orang, termasuk wanita di atas 50 tahun.

Berdasarkan pola makan masyarakat di Yunani dan Italia Selatan pada tahun 1960-an, pola makan ini dicirikan dengan kandungan lemak jenuhnya yang rendah.

Biasanya terdiri dari sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian. Yang paling menonjol dari diet ini adalah minyak zaitun sebagai sumber utama lemak tambahan.

Meskipun pola makan mediterania didominasi oleh nabati, di dalamnya juga mencakup sejumlah kecil ikan, produk susu, unggas, dan daging merah.

Baca juga: Daging Putih vs Daging Merah, Mana yang Lebih Sehat?

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X