Kompas.com - 13/11/2020, 08:01 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak

KOMPAS.com - Berada di rumah selama berbulan-bulan dapat memicu timbulnya perasaan negatif. Contohnya ialah kesepian.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa kesepian. Apalagi jika mereka sudah lama tidak bertemu dengan teman bermainnya.

Kurangnya interaksi dengan teman sebaya menjadi salah satu alasan anak merasa kesepian. Untungnya, hal ini bisa diatasi oleh orangtua.

Penelitian menunjukkan, ikatan emosional yang dekat dan positif dapat melindungi kesehatan serta menjaga ketahanan emosional anak.

Orangtua dapat memberikan ikatan tersebut dengan berbagai cara. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan orangtua di rumah untuk mencegah kesepian pada anak.

1. Melakukan ritual sebelum tidur

Luangkan 10-15 menit untuk duduk di tepi tempat tidur anak dan berikan perhatian penuh. Minta anak untuk menceritakan hari mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak bisa bercerita soal kekhawatiran, hal yang menyenangkan atau menarik, hingga sesuatu yang terasa baik atau buruk.

"Memvalidasi anak dengan perhatian tanpa gangguan akan membuat mereka merasa didukung dan terhubung secara empati," ujar psikoterapis Ruth Bettelheim Ph.D seperti dikutip Psychology Today.

Apabila di rumah ada lebih dari satu anak, lakukan ritual ini secara bergantian. Dengan begitu anak tidak merasa perhatian orangtuanya terbagi.

Baca juga: 7 Tips Atasi Stres pada Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X