Kompas.com - 13/11/2020, 12:45 WIB
Berlian pink yang ditemukan di Rusia laku terjual 26,6 juta dollar AS (Rp 377 miliar) pada Rabu (11/11/2020) di Sothebys, Jenewa, Swiss. AFP/FABRICE COFFRINIBerlian pink yang ditemukan di Rusia laku terjual 26,6 juta dollar AS (Rp 377 miliar) pada Rabu (11/11/2020) di Sothebys, Jenewa, Swiss.

KOMPAS.com - Sebongkah berlian pink (merah muda) langka yang berasal dari batu mentah yang digali di Rusia, terjual di rumah lelang dengan harga fantastis pada hari Rabu (11/11/2020) kemarin.

Batu berlian 14,83 karat yang dijuluki "The Spirit of the Rose" itu mencetak rekor dunia untuk berlian pink keunguan, dengan nilai jual mencapai 26.6 juta dollar AS atau sekitar Rp 378 miliar.

Foto mengenai berlian tersebut diunggah akun @sothebys di Instagram.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sotheby's (@sothebys)

Batu berlian kecil itu dilepas di lelang online Sotheby's. Beberapa menit setelah lelang dibuka, tawaran sudah mencapai 22,9 juta dollar AS atau setara Rp 325 miliar.

Baca juga: Berlian Terbesar Kedua di Dunia Bakal Jadi Perhiasan Louis Vuitton

Juru lelang Sotheby's, Benoit Repellin menyebut berlian itu sebagai "wonder of nature" atau keajaiban alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Repellin juga menambahkan, harga permata merah muda akan terus melambung karena semakin langka.

The Spirit of the Rose dibuat dari batu 27,85 karat yang ditemukan pada 2017 oleh perusahaan pertambangan berlian Alrosa di Republik Sakha, Rusia.

Butuh waktu sekitar satu tahun untuk memotong berlian yang sudah jadi dan dibentuk sedemikian rupa sembari mempertahankan warna merah jambu.

Berlian merah muda adalah permata berharga yang langka dan laris di pasar global. Sebuah rekor dunia untuk berlian merah muda dicetak pada tahun 2017. Ketika itu, sebuah batu CTF Star Pink dijual di Hong Kong seharga 71,2 juta dollar AS atau sekira Rp 1,02 triliun.

Menurut balai lelang Sotheby's, 5 dari 10 berlian termahal yang pernah dijual memiliki warna merah muda. Semuanya terjual dalam satu dekade terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.