Kompas.com - 13/11/2020, 13:09 WIB
Tanaman peace lily sebagai dekorasi interior. www.thespruce.comTanaman peace lily sebagai dekorasi interior.

KOMPAS.com— Menyiram tanaman merupakan hal dasar untuk membuat "anak-anak hijau" ini hidup dan subur.  Namun, menyiram tanaman juga ada aturannya. Jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati.

Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.

Idealnya kegiatan menyiram tanaman dilakukan pagi hari dari pada di sore hari. Penyiraman pada pagi bisa menjadi bekal menghadapi udara panas.

Selain itu, jika kita menyiram dari atas tanaman, air di daun akan menguap di siang hari. Namun, jika kia menyiram di sore hari, air yang menempel di daun akan mengendap di sana yang akan menyebabkan penyakit daun.

Pangkal tanaman

Cara menyiram juga harus diperhatikan, lebih baik menyiram tanaman dari pangkalnya dengan menggunakan penyiram atau selang air.

Menyiram tanaman langsung pada akar juga dapat membatasi penguapan yang akan membuat tanaman menjadi kering.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Sedang Populer dan Kisaran Harganya

Pikaplant, rak yang bisa menyiram tanaman secara otomatis.www.designboom.com Pikaplant, rak yang bisa menyiram tanaman secara otomatis.

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal sehingga sulit mengambil kelembaban di tanah yang lebih dalam.

Sering-seringlah mengecek tanaman. Saat daunnya terlihat terkulai dan layu, segera siram bagian akar secukupnya.

Tanaman yang layu sebelum waktu menyiram tiba bisa terjadi karena penguapan berlebih karena udara panas, hingga tanaman yang semakin besar dan membutuhkan semakin banyak air.

Baca juga: 5 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Serap Racun dan Saring Udara

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X