Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2020, 13:09 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Menyiram tanaman merupakan hal dasar untuk membuat "anak-anak hijau" ini hidup dan subur.  Namun, menyiram tanaman juga ada aturannya. Jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati.

Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.

Idealnya kegiatan menyiram tanaman dilakukan pagi hari dari pada di sore hari. Penyiraman pada pagi bisa menjadi bekal menghadapi udara panas.

Selain itu, jika kita menyiram dari atas tanaman, air di daun akan menguap di siang hari. Namun, jika kia menyiram di sore hari, air yang menempel di daun akan mengendap di sana yang akan menyebabkan penyakit daun.

Pangkal tanaman

Cara menyiram juga harus diperhatikan, lebih baik menyiram tanaman dari pangkalnya dengan menggunakan penyiram atau selang air.

Menyiram tanaman langsung pada akar juga dapat membatasi penguapan yang akan membuat tanaman menjadi kering.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Sedang Populer dan Kisaran Harganya

Pikaplant, rak yang bisa menyiram tanaman secara otomatis.www.designboom.com Pikaplant, rak yang bisa menyiram tanaman secara otomatis.

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal sehingga sulit mengambil kelembaban di tanah yang lebih dalam.

Sering-seringlah mengecek tanaman. Saat daunnya terlihat terkulai dan layu, segera siram bagian akar secukupnya.

Tanaman yang layu sebelum waktu menyiram tiba bisa terjadi karena penguapan berlebih karena udara panas, hingga tanaman yang semakin besar dan membutuhkan semakin banyak air.

Baca juga: 5 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Serap Racun dan Saring Udara

Bagaimana dengan tanaman dalam pot?

Jika kamu menanam tanaman di dalam pot, saat matahari bersinar terik, kemungkinan kamu perlu menyiram mereka dua kali sehari yakni di pagi dan sore hari.

Penyiraman pagi hari membentengi tanaman dari panasnya siang hari, dan penyiraman sore menggantikan apa yang hilang.

Namun, aturan itu tidak berlaku bagi tanaman kaktus yang justru jangan terlalu sering disiram.

Tanaman yang baru dipindahkan ke tempat yang baru juga butuh lebih banyak air untuk tumbuh subur. Siram perlahan, kira-kira air sampai ke akar untuk merangsang pertumbuhan akar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com