Kompas.com - 13/11/2020, 16:46 WIB
Pekerja melakukan perawatan terhadap kucing peliharaan di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja melakukan perawatan terhadap kucing peliharaan di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara.

KOMPAS.com— Para pecinta hewan tentu berharap bisa memahami bahasa hewan peliharaannya agar bisa mengetahui apa yang dibutuhkan dalam perawatannya. Keinginan itu sepertinya sebentar lagi bisa dipenuhi.

Mantan engineer Amazon yang kini menjadi manajer proyek perusahaan teknologi Akvelon, Javier Sanchez, menciptakan aplikasi yang mampu menjembatani komunikasi manusia dengan kucing peliharaan. 

Sanchez saat ini sedang mengembangkan aplikasi bernama MeowTalk, sebuah aplikasi yang diklaim mampu menerjemahkan vokalisasi kucing menjadi sesuatu yang dapat dipahami manusia.

"Ini bukan bahasa. Mereka tidak berbagi kata atau berkomunikasi satu sama lain. Kucing tidak pernah mengeong satu sama lain secara alami," kata Sanchez.

Baca juga: Apakah Kucing Perlu Mandi?

Melalui penelitian, Sanchez dan timnya menemukan bahwa kucing sering kali punya satu dari sembilan maksud berbeda yang coba disampaikan saat mengeong kepada manusia. Setiap pesan memiliki jenis meongnya sendiri.

Menggunakan pengalaman Alexa-nya dan penelitian ini, Sanchez berupaya untuk memecahkan kode meow menjadi frasa yang coba disampaikan oleh kucing, seperti "Saya lapar" atau "Saya kesakitan".

Pemilik kucing yang mengunduh aplikasi dapat merekam suara meong kucing mereka dan kemudian mendapatkan terjemahan suaranya.

Kamu juga bisa memasukkan vokalisasi dari meongan kucing kesayangan agar bisa dipelajari oleh aplikasi ini.

Tidak hanya itu, pemilik juga dapat memberikan umpan balik kepada Meowtalk tentang keakuratan terjemahan aplikasi terhadap meongan kucing.

Baca juga: 8 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sedang Stres

Ilustrasi makanan kucing. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi makanan kucing.

Sembilan terjemahan

Halaman:


Sumber People
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X