Kompas.com - 13/11/2020, 22:12 WIB
Ilustrasi kondom rclassenlayoutsIlustrasi kondom

KOMPAS.com – Sejumlah pasangan yang hendak menunda kehamilan memilih menggunakan kondom ketika bercinta. Alat kontrasepsi yang satu ini dinilai efektif mencegah kehamilan.

Tapi sebenarnya, tetap ada risiko kehamilan meskipun sudah memakai kondom ketika bercinta. Sebagian besar penyebabnya karena cara pemakaian yang salah dan adanya kerusakan pada kondom.

Menurut Planned Parenthood, kondom eksternal yang biasa dipakai oleh laki-laki efektif mencegah kehamilan hingga 98 persen. Tapi peluang terjadinya kehamilan masih ada karena sejumlah laki-laki tidak memakai kondom dengan cara yang benar.

Berikut 7 hal yang harus diperhatikan agar pemakaian kondom efektif mencegah kehamilan:

1. Ukuran

Penting untuk memakai kondom dengan ukuran tepat. Produsen kodom biasanya menyediakan dua ukuran yang dikenal dengan istilah ‘pas’ dan ‘XXL’.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang tidak dijelaskan secara detail ukuran kondom. Tapi kebanyakan kondom ukuran standar cocok untuk sebagian besar Mr P.

Ketika dipakai, kondom seharusnya meregang dan panjangnya pas dengan Mr P. Apabila ternyata ukuran Mr P lebih panjang dari kondom, maka seharusnya memilih kondom XXL.

Tapi beberapa laki-laki dengan Mr P lebih besar ada yang memilih memakai kondom ukuran standar agar lebih ketat. Sebaliknya, ada laki-laki yang tidak nyaman memakai kondom ukuran pas.

Mereka memilih memakai kondom yang berukuran lebih besar. Hal inilah yang kemudian bisa meningkatkan risiko kehamilan walau sudah memakai kondom.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.