Kompas.com - 13/11/2020, 23:04 WIB
Ilustrasi lavender awaygeIlustrasi lavender

KOMPAS.com-- Nyamuk adalah salah satu serangga yang kerap merepotkan manusia. Tak hanya menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit, jenis nyamuk tertentu bahkan bisa membawa penyakit yang mematikan.

Untuk mengusir mereka, kita biasa menggunakan obat nyamuk kimia atau lotion anti nyamuk. Namun hal ini tidak baik dilakukan setiap hari.

Sebenarnya ada cara alami untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah, yakni dengan menanam tanaman yang tidak mereka sukai.

Meskipun secara teknis tidak ada yang namanya tanaman pengusir nyamuk, namun ada tanaman yang setidaknya menawarkan perlindungan jangka pendek terhadap nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk ini bekerja paling baik saat daunnya dihancurkan, karena akan mengeluarkan aroma dalam minyaknya.

Oleh karena itu, banyak dari tanaman ini efektif mengusir nyamuk jika daunnya dibakar, dihancurkan, dan dicampur dengan minyak tertentu untuk digunakan sebagai semprotan serangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Tips Mencegah Rumah Menjadi Sarang Nyamuk

Tak hanya menanam tanaman khusus, untuk mengusir nyamuk kamu juga harus melakukan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Untuk kamu yang ingin mencoba mengusir nyamuk dengan tanaman, berikut 9 tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

1. Sereh

Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangiy-studio Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangi
Tanaman Sereh Citronella adalah tanaman pengusir nyamuk yang manjur. Sereh sering digunakan sebagai bahan alami dalam semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin, dan produk lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X