Berapakah Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal?

Kompas.com - 14/11/2020, 20:16 WIB
Illustrasi Ibu hamil KOMPAS.com/NURWAHIDAHIllustrasi Ibu hamil

KOMPAS.com - Kehamilan pasti membuat berat badan ibu bertambah. Walau begitu, pertambahan bobot juga perlu diperhatikan agar tidak melebihi batas normal. 

Beberapa ibu hamil mungkin merasa senang karena menganggap selama mengandung ia bisa makan sepuasnya untuk dua orang. Tapi pengertian tersebut sebenarnya keliru.

Kenaikan berat badan saat hamil tergantung pada ukuran dan bentuk tubuh sebelum masa kehamilan.

"Secara umum, seorang ibu diharapkan naik 1-2 kg pada trimester pertama dan kemudian bertambah setengah kilogram per minggunya," kata Alexandra Stockwell dokter yang berpengalaman lama dalam perencanaan keluarga kepada Insider.

Biasanya kenaikan berat badan normal berkisar antara 11-16 kg selama kehamilan. Tapi untuk perempuan yang kekurangan berat badan diharapkan untuk menambah 16-18 kg.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Makan Sayuran agar Penurunan Berat Badan Lebih Efektif

Sedangkan ibu hamil yang sudah kelebihan berat badan kenaikan yang diharapkan tak lebih dari 6-8 kg saja.

Lalu untuk ibu hamil yang mengandung anak kembar, kenaikan berat badannya tidak boleh dua kali lipat. Tapi kenaikan berat badannya bisa mencapai 16-25 kg.

Penyebab kenaikan berat badan

Banyak hal yang membuat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Hal utama tentunya karena ada bayi di dalam tubuhnya.

Saat lahir, bayi rata-rata memiliki berat badan 3,1 kg. Penambahan berat badan lainnya berasal dari payudara dan rahim yang membesar, plasenta, serta cairan kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X