Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2020, 10:50 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms.com

KOMPAS.comSentuhan fisik orangtua pada anak sangat penting bagi pertumbuhannya. Bahkan ketika mereka sudah bukan lagi bayi, sentuhan fisik masih sangat penting bagi anak.

Berbagai studi dan penelitian kesehatan membuktikan pentingnya sentuhan fisik, tidak hanya pada masa bayi tetapi juga setelah tahap itu, terutama pada masa kanak-kanak.

Sentuhan fisik bisa menunjukkan kasih sayang, memberikan respon positif, dan kepedulian pada anak. Hal ini akan memberi mereka rasa aman yang sangat penting bagi anak di bawah umur.

Ilmu kedokteran juga telah membuktikan bahwa sentuhan fisik berpengaruh langsung pada tubuh dan pikiran manusia.

Pasalnya, sentuhan positif akan memicu pelepasan hormon positif Oxytocin, yang nantinya akan membangun perasaan keterikatan emosional dan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Sentuhan Ibu, Inilah Manfaatnya

Sentuhan fisik selama masa bayi

Penelitian menunjukkan bagaimana dampak buruk dapat terjadi pada bayi yang tak mendapatkan sentuhan fisik penuh kasih dari orangtuanya.

Psikologi manusia dan ilmu kedokteran sama-sama membuktikan bahwa kita memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kasih sayang, cinta, dan perhatian.

Hal ini bisa didapat melalui sentuhan fisik seperti pelukan atau ciuman yang secara alami ditanamkan pada manusia sejak masa bayi hingga tumbuh dewasa.

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan ikatan yang kuat antara ibu dan anak sejak bayi melalui sentuhan fisik adalah dengan menyusui.

Dengan menyusui, anak tak hanya akan mendapatkan nutrisi tetapi juga mendapat kesempatan untuk dekat secara fisik dengan ibu.

Pakar anak mengatakan bahwa ketika bayi menangis, menggendong dan menenangkannya dengan pelukan, tepukan, atau ciuman membuat bayi tenang, dan hal itu membantu perkembangan fisik dan mentalnya.

Baca juga: Ini Manfaat Ajaib Sentuhan Ibu untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Ilustrasi orangtua mengajarkan tentang keuangan pada anak.SHUTTERSTOCK/Wong Yu Liang Ilustrasi orangtua mengajarkan tentang keuangan pada anak.
Sentuhan fisik pada anak

Ketika anak mulai berjalan sendiri dan menjadi mandiri, kedekatan fisik orangtua dengan anak akan berkurang.

Namun, bukan berarti anak tidak membutuhkan sentuhan fisik dari orangtuanya lagi.

Halaman:
Sumber Moms.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com