Kompas.com - 15/11/2020, 19:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kita baru pertama kali berkebun, melakukan perawatan terhadap tanaman hias bisa terasa melelahkan.

Tapi, banyak tanaman hias yang tidak harus diperhatikan setiap saat. Sebagian tanaman mudah dirawat dan hanya memerlukan sedikit penanganan.

Nah, saat tiba waktunya bagi kita untuk merawat tanaman hias dan memotong beberapa daun yang warnanya menguning, kita perlu panduan agar tanaman tetap sehat dan tidak layu.

Dalam merawat tanaman, kita bisa mengikuti cara sebagai berikut:

1. Menyiram tanaman hias

Ilustrasi menyiram tanaman hias Monstera variegata. SHUTTERSTOCK/Switlana Sonyashna Ilustrasi menyiram tanaman hias Monstera variegata.
Semua tanaman hias memiliki kebutuhan yang berbeda akan air, tergantung jenis, cara mereka tumbuh, dan perubahan dalam pertumbuhan tanaman sepanjang musim.

Siramlah tanaman sesuai kebutuhan daripada mengikuti jadwal yang ditetapkan.

Secara umum, tanaman yang ditanam di tanah yang kering dalam sebuah wadah harus disiram ketika 1-2 cm bagian atas tanah terasa kering.

Kaktus dan tanaman sukulen hanya membutuhkan sedikit air, sementara tanaman berbunga biasanya memerlukan air lebih banyak.

Hati-hati saat menyiram tanaman, jangan berlebihan. Menyiram tanaman dengan air terlalu banyak atau overwatering adalah penyebab umum tanaman hias kesayangan kita menjadi layu, dan pada akhirnya mati.

Halaman:
Sumber bhg.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.