8 Pekerjaan Rumah yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Kompas.com - 16/11/2020, 14:17 WIB
ilustrasi ibu hamil shutterstockilustrasi ibu hamil
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ibu hamil yang suka beres-beres di rumah, sebaiknya lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Sebab, ada beberapa pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Beberapa pekerjaan rumah dapat membahayakan kesehatan Anda dan juga janin.

Kehamilan membuat berat badan wanita bertambah. Saat tubuh janin berkembang, tubuh bumil juga akan membesar.

Hal ini dianggap bisa membuat bumil sulit menyeimbangkan tubuhnya untuk bergerak dengan leluasa, terutama saat melakukan pekerjaan rumah.

Itulah sebabnya terdapat beberapa pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan ibu hamil, di antaranya:

1. Memindahkan benda berat

Memindahkan atau mengangkat benda berat ternyata tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Menurut Asosiasi Kehamilan Amerika Serikat, mengangkat benda berat dapat meningkatkan risiko tertariknya otot, penyakit hernia, berat badan bayi lahir rendah, hingga persalinan prematur.

2. Membersihkan tempat sampah

Ibu hamil disarankan untuk tidak membersihkan tempat sampah untuk menghindari risiko toksoplasmosis akibat kontak dengan sampah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ibu hamil dapat menularkan toksoplasmosis kepada janin.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X