Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok untuk Kamar Tidur, 7 Tanaman Hias Ini Bikin Tidur Nyenyak

Kompas.com - Diperbarui 02/09/2021, 21:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Lingkungan yang tidak kondusif untuk tidur akan membuat kita tidak nyaman, dan pada akhirnya membuat kita sulit terpejam apalagi tidur nyenyak.

Menempatkan tempat tidur yang nyaman, menata kembali ruangan, hingga meletakkan lilin aromaterapi mungkin bisa menjadi cara untuk membuat kita lebih mudah tertidur.

Namun, meletakkan tanaman hias di kamar tidur ternyata juga bisa dapat membantu relaksasi dan membuat kita tidur lebih nyenyak.

Dilansir Good Housekeeping, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa sejumlah tanaman populer, seperti dracaena dan lidah mertua, dapat membantu membuang racun dan meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan.

Dua faktor itu merupakan kunci tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Namun, banyak kamar tidur tidak memiliki jendela atau terpapar sinar matahari alami, sehingga penting untuk memilih jenis tanaman hias yang tepat.

Secara umum, pilihlah tanaman hias yang dapat hidup dalam kondisi cahaya yang redup.

Jika ruang kamar tidur terbatas, tak perlu repot memikirkan rak, meja atau ruang di lantai untuk menyimpannya. Tanaman hias gantung bisa menjadi pilihan.

Lebih jauh, pilihan jenis tanaman hias gantung bisa Anda lihat di tautan ini.

Tanaman hias gantung bisa menjadi pilihan untuk tidur lebih nyenyak jika memiliki luas kamar tidur yang terbatas.SHUTTERSTOCK/WIREHOUSE IMAGES Tanaman hias gantung bisa menjadi pilihan untuk tidur lebih nyenyak jika memiliki luas kamar tidur yang terbatas.
Nah, berikut tujuh jenis tanaman hias untuk kamar tidur yang dapat membantu tidur lebih nyenyak:

1. Lidah mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mampu membantu memperbaiki kualitas udara di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/JESSICA FISCHER Lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mampu membantu memperbaiki kualitas udara di kamar tidur.

Menurut Erin Marino dari toko tanaman online the Sill, lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mampu membantu memperbaiki kualitas udara di kamar tidur.

"Tanaman ular terbukti dapat menyaring benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan toluene," katanya, seperti dilansir House Beautiful.

Ia menambahkan, lidah mertua juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman hias yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari, sesuatu yang dilakukan kebanyakan tanaman di siang hari.

Meletakkan pot kecil lidah mertua di kamar tidur akan membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan dan membuat kita tidur lebih nyenyak, terutama jika rentan terhadap alergi.

Baca juga: 4 Tips Rawat Lidah Mertua agar Tumbuh Subur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com