Kompas.com - 17/11/2020, 13:39 WIB
Ilustrasi telur rebus yang telah dikupas cangkangnya sebagian. Shutterstock/ Ildi PappIlustrasi telur rebus yang telah dikupas cangkangnya sebagian.

KOMPAS.com - Telur adalah bahan makanan yang praktis dan bisa dijadikan bahan untuk mengolah berbagai menu masakan.

Banyak orang langsung membuang cangkang telur yang telah digunakan, padahal cangkang telur ternyata memiliki banyak manfaat untuk tanaman, lho.

Hal ini tentu saja akan bermanfaat bagi orang-orang yang memelihara tanaman di rumah.

Salah satu manfaat utamanya adalah untuk meningkatkan nutrisi pada tanaman.

Dilansir Los Angeles Times, kulit telur hampir seluruhnya terbuat dari kalsium karbonat, yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan tulang dan otot.

Tanaman juga membutuhkannya dan kita dapat memberikannya kepada mereka melalui beberapa cara, seperti melalui kompos atau tanah.

Sebelum memberikannya pada tanaman, bilas kulit telur terlebih dahulu dan pastikan tidak ada bagian putih lengket yang tersisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, biarkan mengering.

Adapun beberapa manfaat cangkang kulit telur untuk tanaman, antara lain:

1. Pupuk
Dilansir the Spruce, kamu bisa memanfaatkan cangkang kulit telur untuk mencegah pembusuhkan ujung bunga pada tanaman tomat, paprika, hingga terong.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X