Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minum Teh Mawar, Tak Kalah Harum dari Bunganya

Kompas.com - Diperbarui 12/02/2023, 16:32 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Siapa sangka kalau bunga mawar yang sering kali menjadi simbol cinta dapat dijadikan teh dan bermanfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya itu, teh mawar dipercaya ampuh mencegah kedatangan penyakit karena mengandung antioksidan. Teh ini juga tidak mengandung kafein seperti kebanyakan teh pada umumnya.

Selama ribuan tahun lamanya, bunga mawar telah dimanfaatkan sebagai pengobatan. Ratusan jenis bunga mawar pun dapat dijadikan teh.

Manfaat teh mawar

Soal rasa, ada yang manis dan juga pahit, tergantung dari jenis bunga mawarnya. Berikut manfaat minum teh mawar yang wajib kita coba.

1. Tidak mengandung kafein

Kafein yang dikandung teh memang memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi kelelahan hingga meningkatkan energi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi kafein karena efek sampingnya.

Untungnya, teh mawar tidak mengandung kafein. Bagi yang ingin mengonsumsi teh tanpa kafein, teh mawar dapat menjadi solusinya.

Namun ingat, beberapa produk teh mawar yang dijual di pasaran sudah dibumbui dengan kafein. Maka dari itu, carilah teh mawar yang masih murni tanpa campuran apa pun.

Baca juga: Teh Mengandung Kafein, Amankah Anak-anak Meminumnya?

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat minum teh mawar selanjutnya datang dari senyawa antioksidan. Sumber utama antioksidan yang dikandung teh mawar adalah polifenol.

Menurut berbagai studi, mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol dipercaya dapat mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit degeneratif.

Di dalam sebuah penelitian, para peneliti membuktikan bahwa polifenol yang dikandung teh mawar setara atau lebih hebat dibandingkan polifenol pada teh hijau.

Meski demikian, kandungan antioksidan pada bunga mawar tidak dapat terekstrak dengan baik saat direbus dengan air hangat.

Sebuah riset menyatakan, kandungan antioksidan pada ekstrak kelopak bunga mawar dianggap 30-50 persen lebih banyak dibandingkan teh mawar.

Baca juga: Apa itu Antioksidan dan Apa Fungsinya untuk Tubuh?

3. Mengatasi nyeri haid

Tahukah kamu kalau teh mawar dipercaya bisa mengatasi nyeri haid? Ya, di dalam dunia medis tradisional, teh mawar yang terbuat dari bunga mawar Prancis (Rosa gallica) sering dikonsumsi untuk mengatasi rasa nyeri saat haid.

Sebuah studi yang diikuti oleh 130 remaja perempuan di Taiwan membuktikan, mengonsumsi 2 cangkir teh mawar setiap hari selama 12 hari terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri haid.

Sayangnya, hanya ada satu studi saja yang berhasil membuktikan manfaat minum teh mawar untuk mengatasi nyeri haid. Masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk membuktikan keampuhannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com