Manfaat Minum Teh Mawar, Tak Kalah Harum dari Bunganya

Kompas.com - 17/11/2020, 19:54 WIB
Ilustrasi teh mawar shutterstockIlustrasi teh mawar
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Siapa sangka kalau bunga mawar yang sering kali menjadi simbol cinta dapat dijadikan teh dan bermanfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya itu, teh mawar dipercaya ampuh mencegah kedatangan penyakit karena mengandung antioksidan. Teh ini juga tidak mengandung kafein seperti kebanyakan teh pada umumnya.

Selama ribuan tahun lamanya, bunga mawar telah dimanfaatkan sebagai pengobatan. Ratusan jenis bunga mawar pun dapat dijadikan teh.

Soal rasa, ada yang manis dan juga pahit, tergantung dari jenis bunga mawarnya. Berikut manfaat minum teh mawar yang wajib kita coba.

1. Tidak mengandung kafein

Kafein yang dikandung teh memang memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi kelelahan hingga meningkatkan energi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi kafein karena efek sampingnya.

Untungnya, teh mawar tidak mengandung kafein. Bagi yang ingin mengonsumsi teh tanpa kafein, teh mawar dapat menjadi solusinya.

Namun ingat, beberapa produk teh mawar yang dijual di pasaran sudah dibumbui dengan kafein. Maka dari itu, carilah teh mawar yang masih murni tanpa campuran apa pun.

Baca juga: Teh Mengandung Kafein, Amankah Anak-anak Meminumnya?

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat minum teh mawar selanjutnya datang dari senyawa antioksidan. Sumber utama antioksidan yang dikandung teh mawar adalah polifenol.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X