Hindari Melakukan 6 Hal Berikut setelah Sesi Bercinta

Kompas.com - 17/11/2020, 22:00 WIB
Ilustrasi bercinta. SHUTTERSTOCKIlustrasi bercinta.

KOMPAS.com - Segera setelah bercinta, Anda kemungkinan besar Anda sedang menikmati banjir hormon yang menimbulkan kantuk dan membuat rileks.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan demi menjaga tubuh tetap sehat.

Salah satunya untuk segera mengosongkan kandung kemih setelah berhubungan seks, terutama bagi perempuan.

Spesialis kandungan dan ginekologi dari Los Angeles, Dr. Allison Hill dan Dr. Yvonne Bohn mengatakan, hal itu penting karena aktivitas seksual dapat mendorong bakteri ke dalam uretra, yang dapat menyebabkan infeksi kandung kemih atau infeksi saluran kemih.

Selain catatan tentang apa yang perlu segera dilakukan usai bercinta, para dokter juga mencatat sejumlah hal yang perlu dihindari.

Dilansir Insider, beberapa aktivitas tersebut di antaranya:
1. Menggunakan parfum di area intim
Penggunaan parfum di area intim dapat mengiritasi kulit internal dan eksternal dan harus dihindari setelah berhubungan seks, terutama bagi perempuan.

Hill dan Bohn mengatakan, parfum dapat mengubah bakteri baik dan normal pada vagina.

Seusai bercinta, cukup bilas area intim dengan air hangat.

Menggunakan produk apapun seperti gel, krim atau pelumas dapat mengganggu flora vagina, sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat atau jamur secara berlebih.

Pastikan menjaga rutinitas pembersihan pasca-seks sesederhana dan selembut mungkin untuk memastikan tidak terjadi iritasi pada area intim akibat aroma atu bahan kimia yang keras.

Baca juga: 9 Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Hubungan Intim Pertama Kali

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X