Kompas.com - 18/11/2020, 08:22 WIB

KOMPAS.com - Kaki atau ceker ayam sering diolah menjadi beragam menu masakan atau dimanfaatkan untuk membuat kaldu masakan.

Namun, tahukah kamu bahwa konsumsi ceker ternyata bisa membuat tampilan lebih awet muda?

Dilansir Healthline, sekitar 70 persen kandungan protein dalam ceker adalah kolagen, protein struktural yang memberikan bentuk, kekuatan, serta ketahanan terhadap kulit, tendon, otot, tulang, dan ligamen.

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa asupan kolagen dapat meningkatkan hidrasi, kekasaran, elastisitas, dan kepadatan kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Medicinal Food pada 2015 meneliti 105 perempuan dengan selulit selama enam bulan sedang.

Penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi kolagen secara teratur dapat secara signifikan mengurangi selulit dan kerutan kulit dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Lebih lanjut, tinjauan 11 penelitian pada 805 orang menemukan bahwa asupan kolagen menunjukkan hasil jangka pendek dan jangka panjang yang menjanjikan untuk penyembuhan luka dan penuaan kulit.

Tak hanya itu, sejumlah penelitian pada hewan mencatat bahwa kolagen dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi pembentukan kerutan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet B (UVB).

UVB sendiri merupakan jenis sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

Kolagen dapat bekerja dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, molekul penahan air yang dipercaya dapat membantu mencegah penuaan kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.