Balita Boleh Makan Sushi Ikan Mentah, Asalkan...

Kompas.com - 18/11/2020, 10:57 WIB
Ilustrasi makanan Jepang, sushi SHUTTERSTOCK/Marcelo_KrellingIlustrasi makanan Jepang, sushi

KOMPAS.com - Sushi adalah makanan favorit banyak orang termasuk anak-anak. Tapi apakah sushi yang disajikan dengan ikan mentah aman untuk anak-anak, khususnya balita?

Menurut dokter anak Tabya Altmann, MD, di beberapa negara dan budaya, makan ikan mentah adalah hal biasa bagi anak-anak sehingga tidak masalah.

"Tapi saya sarankan untuk makan dari tempat yang memiliki reputasi baik guna mengurangi kemungkinan infeksi," kata Altman kepada Romper.

Walau begitu, bagi balita yang tinggal di budaya dan lingkungan yang tidak terbiasa makan ikan mentah, Altmann kurang menyarankannya.

Sebab bisa jadi ada bakteri, parasit, cacing, atau infeksi lain yang berdampak negatif bagi tubuh ketika makan ikan mentah.

Baca juga: Ini Lho 5 Cara untuk Cegah Balita Cacingan Selain Cuci Tangan

Sesuai dengan anjuran Food and Drug Administration (FDA), Altmann setuju agar ibu hamil dan anak di bawah lima tahun hanya makan ikan yang dimasak dan sumber protein lainnya seperti daging, ayam, serta telur.

"Tapi bila ada keluarga yang ingin membiarkan anak balitanya mencoba sushi ikan mentah, silahkan. Pastikan makanan berasal dari restoran reputasi baik," kata Altmann.

Di sisi lain, jika anak balita ingin makan sushi, ada alternatif lain yang bisa dipillih. Misalnya hampir di seluruh restoran Jepang menyediakan menu vegetarian roll (maki).

Sushi dari menu vegetarian itu biasanya berisi ketimun, ubi jalar, atau alpukat yang aman untuk anak balita.

Ada juga pilihan menu California roll yang tidak masalah untuk anak balita. Sebab isian 'kepiting' sebenarnya berasal dari pasta ikan yang dimasak.

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Makan Sambil Main Gadget

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X