Kompas.com - 18/11/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi flu. Flu menjadi salah satu penyebab hidung mampet. SHUTTERSTOCK/ PAULAPHOTOIlustrasi flu. Flu menjadi salah satu penyebab hidung mampet.

KOMPAS.com - Hidung mampet rasanya sangat tidak nyaman, apalagi jika satu lubang hidung terasa lebih mampet dibandingkan yang lainnya.

Pernah mengalami hal ini?

Dilansir Men's Health, ahli bedah di divisi otolaringologi dari Brigham and Women’s Hospital, Rachel Roditi, MD mengatakan, ada sebuah proses di mana lubang hidung secara bergantian menyedot lebih banyak udara.

Struktur di kedua sisi hidung yang disebut turbinat inferior bertanggung jawab untuk menghangatkan dan melembabkan udara sebelum mencapai paru-paru.

Struktur ini melindungi paru-paru kita dengan mengurangi kekeringan dan iritasi.

Proses tersebut membutuhkan banyak pekerjaan.

Itulah mengapa, hidung mengerahkan sumber dayanya lebih banyak pada satu sisi daripada sisi lain untuk membuat prosesnya lebih efisien.

Kondisi ini mengirimkan lebih banyak aliran darah ke satu lubang hidung, yang dapat menghangatkan udara yang masuk melalui lubang tersebut.

Sayangnya, ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada lubang hidung di sisi yang sama.

Pembengkakan membuat hanya ada sedikit ruang bagi udara untuk masuk.

Halaman:


Sumber ,Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X