Kompas.com - 18/11/2020, 12:24 WIB
Ilustrasi ikan hias shutterstockIlustrasi ikan hias
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Stres merupakan respons tubuh terhadap tantangan dan keinginan. Semua orang pasti pernah merasakan stres ketika segala sesuatu terjadi di luar harapannya atau karena tekanan yang tengah dihadapi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu meringankan atau bahkan mengatasi stres.

Walaupun hewan peliharaan identik dengan kucing atau anjing, rupanya memelihara ikan hias juga memiliki efek terapeutik yang sama. 

Tahukah kamu kalau memelihara ikan hias ternyata membawa manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan mental? Berikut adalah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

1. Menenangkan perasaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung.

Efek yang sama juga terjadi saat seseorang berada di taman atau kebun yang dihuni burung atau kupu-kupu.

Dilansir dari BBC, dalam sebuah penelitian, hanya melihat akuarium yang berisi air dan batu karang saja sudah bisa menenangkan perasaan para peserta penelitian. Manfaat tersebut bertambah ketika akuarium diisi dengan ikan hias.

Selain itu, semakin banyak jenis ikan hias yang berada di dalam akuarium atau kolam, maka semakin besar manfaatnya dalam menenangkan orang-orang yang melihatnya. Itulah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

Baca juga: Selain Cupang, Ada 7 Jenis Ikan Hias yang Juga Menarik

2. Mengalihkan perhatian dari sumber stres

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X