Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2020, 12:24 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Stres merupakan respons tubuh terhadap tantangan dan keinginan. Semua orang pasti pernah merasakan stres ketika segala sesuatu terjadi di luar harapannya atau karena tekanan yang tengah dihadapi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu meringankan atau bahkan mengatasi stres.

Walaupun hewan peliharaan identik dengan kucing atau anjing, rupanya memelihara ikan hias juga memiliki efek terapeutik yang sama. 

Tahukah kamu kalau memelihara ikan hias ternyata membawa manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan mental? Berikut adalah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

1. Menenangkan perasaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung.

Efek yang sama juga terjadi saat seseorang berada di taman atau kebun yang dihuni burung atau kupu-kupu.

Dilansir dari BBC, dalam sebuah penelitian, hanya melihat akuarium yang berisi air dan batu karang saja sudah bisa menenangkan perasaan para peserta penelitian. Manfaat tersebut bertambah ketika akuarium diisi dengan ikan hias.

Selain itu, semakin banyak jenis ikan hias yang berada di dalam akuarium atau kolam, maka semakin besar manfaatnya dalam menenangkan orang-orang yang melihatnya. Itulah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

Baca juga: Selain Cupang, Ada 7 Jenis Ikan Hias yang Juga Menarik

2. Mengalihkan perhatian dari sumber stres

Sebuah penelitian tentang interaksi manusia dengan hewan menunjukkan bahwa keberadaan hewan peliharaan dapat bermanfaat untuk mengatasi stres.

Salah satu alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres adalah ikan dapat menjadi pengalih perhatian kita dari penyebab stres.

Maka ketika kita fokus menikmati keindahan ikan hias, pikiran akan teralihkan dari sumber stres dan merasa lebih rileks.

Baca juga: 7 Manfaat Menakjubkan Punya Hewan Peliharaan

Ilustrasi ikan hias cichlidshutterstock Ilustrasi ikan hias cichlid
3. Meningkatkan kualitas tidur

Stres dapat membuat seseorang tidak bisa tidur. Kondisi tubuh yang kurang istirahat juga dapat memicu gangguan kesehatan fisik dan mental, termasuk stres.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com