Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 09:33 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Defisit kalori adalah kunci sukses menjalani diet. Jadi, untuk bisa memangkas bobot berlebih, kamu perlu membakar lebih banyak kalori dari jumlah kalori yang dikonsumsi.

Hal ini membuat banyak orang bertanya, sebenarnya berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg berat badan?

Hitung-hitungan soal kalori dan berat badan sebenarnya tidak sama untuk semua orang. Sebab, proses pembakaran dan metabolisme tubuh tiap orang berbeda-beda.

Namun secara umum, 1 pound (0,45 kg) lemak diperkirakan mengandung 3.500 kalori. Jadi, jika 1 kg berat badan = 2,2 pound, maka untuk menurunkan berat badan 1 kg, kita diperkirakan perlu membakar sekitar 7.700 kalori.

Sehingga, apabila kamu mengurangi 500-1.000 kalori per hari, maka kamu akan bisa menurunkan 1 kg berat badan dalam waktu 1 minggu.

Jika rutin dilakukan, maka dalam waktu 1 bulan kamu bisa saja menurunkan berat badan hingga 4 kg atau bahkan lebih.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bersepeda?

Meski begitu, perlu diingat bahwa berat badan manusia tidak hanya terdiri dari lemak, tapi juga otot, air, dan jaringan-jaringan lain di tubuh.

Oleh karena itu, akan ada banyak faktor yang memengaruhi perjalanan dalam usaha menurunkan berat badan.

Biasanya, semakin banyak berat badan yang dipangkas, maka waktu yang dibutuhkan untuk membakar lemak menjadi lebih lama.

Jadi, penurunan 1 kg selama 1 minggu bisa saja terjadi di awal masa diet. Namun saat kamu mencapai berat badan tertentu, proses ini bisa melambat.

Apa itu kalori?

Mengetahui jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibakar bisa menjadi kunci keberhasilan diet. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kalori?

Kalori adalah jumlah energi yang kita dapatkan dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Energi tersebut penting sebagai bahan bakar dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Berbagai gerakan tubuh mulai dari duduk hingga berlari, membutuhkan energi. Namun, jumlah energi yang dibutuhkan berbeda-beda, tergantung intensitasnya. Setiap kali kita menggunakan energi, kalori yang ada di tubuh akan dibakar.

Sementara itu, kalori yang belum perlu digunakan atau berlebih, akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak.

Dengan kata lain, jika kita mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kalori, tumpukan lemak di tubuh akan semakin banyak.

Baca juga: Berapa Asupan Kalori Per Hari agar Diet Berhasil?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com