Kompas.com - 18/11/2020, 17:30 WIB
Koleksi tanaman hias di toko tanaman Plantis et Java. Instagram @plantisetjavaKoleksi tanaman hias di toko tanaman Plantis et Java.

KOMPAS.com - Masa pandemi menjadi momen bagi banyak orang untuk memulai hobi memelihara tanaman.

Sayangnya, masih banyak orang belum membekali dirinya dengan pengetahuan yang cukup untuk memulai hobi tersebut.

Pada akhirnya, tanaman yang dipelihara menjadi tidak sehat, bahkan cepat mati.

Ago Dirhamsyah, salah satu pendiri Plantis et Java, toko tanaman yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, menyebutkan ada dua kesalahan utama yang dilakukan para pemula ketika memulai hobi memelihara tanaman.

Dua kesalahan tersebut, di antaranya:

1. Overwatering
Menurut Ago, overwatering atau penyiraman berlebih sangat sering dilakukan oleh para pemula.

Para pemula sering kali berpikir bahwa tanaman membutuhkan air sehingga menyiramnya terus-menerus.

Pada akhirnya, alih-alih menjadi sehat tanaman tersebut justru jadi cepat mati karena akarnya busuk akibat terlalu banyak air.

"Paling, paling, paling sering itu overwatering. Newbie kadang tangannya gatal untuk terus nyiram," ungkapnya kepada Kompas.com.

Adapun beberapa tanda tanaman mengalami overwatering antara lain daun yang membusuk, media tanam yang tampak berair dan benyek, hingga batang-batang yang sudah tampak tidak sehat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X