Lihat, 7 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh saat Jalani Diet Keto

Kompas.com - 19/11/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi diet keto pamela_d_mcadamsIlustrasi diet keto

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, keto menjadi diet yang paling banyak diminati orang. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan tetap mengonsumsi daging.

Tampaknya, pola diet keto juga sering kali mendapatkan pujian, karena mampu membuat transformasi berat badan yang lebih baik dan memberikan energi baru.

Kendati demikian, melakukan diet keto berarti kita sedang mengalihkan tubuh untuk mendapatkan energi lebih banyak dari lemak dibandingkan karbohidrat.

Baca juga: Efek Diet Keto bagi Kesehatan Jantung

Ahli diet yang merupakan seorang penulis, Bonnie Taub-Dix menjelaskan, pemecahan makronutrien diet keto meliputi pola makan berupa 75 persen lemak, 20 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.

Seperti perubahan pola makan lainnya, menerapkan diet keto pada tubuh memiliki pro dan kontra.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang apa yang terjadi pada tubuh saat melakukan keto.

1. Mengalami keto flu

Minggu pertama diet keto mungkin tidak akan terasa enak, karena kita sedang mengajari tubuh untuk menukar sumber energinya.

CEO Ketogenic.com, Dr Ryan Lowery menjelaskan, saat kita mulai menurunkan karbohidrat untuk pertama kalinya, kebanyakan orang mengalami masa adaptasi keto atau dikenal sebagai "keto flu".

"Selama waktu ini, tubuh yang tadinya mengandalkan karbohidrat beralih meningkatkan produksi keton dari pemecahan lemak untuk memasok energi utama," kata dia.

Baca juga: 7 Sinyal Tubuh untuk Berhenti Diet Keto

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X