Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Bisa Berbahaya, Apa Alasannya?

Kompas.com - 19/11/2020, 09:15 WIB
Ilustrasi memakai skin care. Photo by Andrea Piacquadio from PexelsIlustrasi memakai skin care.

KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak merek skin care (produk perawatan kulit) bermunculan, tentunya dengan tawaran manfaat yang berbeda-beda pula.

Mulai dari merek lokal, hingga merek internasional dengan harga selangit.

Tak sedikit orang yang tergiur dengan khasiat yang dijanjikan merek-merek skin care tersebut kemudian membeli dan menjadikannya bagian dari rutinitas perawatan hariannya.

Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan merek yang berbeda-beda dalam rutinitas perawatan kulit ternyata tidak dianjurkan dan bisa berbahaya?

Beberapa orang memang tidak mengalami masalah, misalnya dengan memadukan pelembap merek A dengan krim malam merek B.

Namun, bukan berarti semua orang bisa melakukan itu tanpa efek negatif, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Dilansir Channel NewsAsia (CNA), potensi berbahaya mencampurkan merek skin care satu dan yang lainnya adalah karena kamu berisiko menumpuk terlalu banyak bahan aktif di kulit.

Bahan aktif sendiri adalah bahan-bahan yang terkandung dalam satu produk untuk memberimu perawatan untuk masalah kulit tertentu.

Dokter estetika dari Atlas Medical Derma-Regen Clinic, Dr SM Yuen menjelaskan, melapisi produk dengan dua atau lebih bahan aktif dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit.

“Misalnya, retinol tidak bekerja dengan baik dengan benzoyl peroxide, yang biasanya ditemukan pada produk jerawat."

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X