Permintaan Buket Bunga Meningkat Jelang Natal dan Hari Ibu

Kompas.com - 19/11/2020, 13:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Buket atau rangakian bunga menjadi pilihan banyak orang untuk diberikan pada momen-momen istimewa. Menjelang Natal dan Hari Ibu, permintaan buket bunga juga meningkat dibanding hari biasanya.

Menurut pemilik Blurette Florist Giovanni, penjualan bunga menjelang Hari Ibu dan Hari Natal bisa meningkat dua sampai tiga kali lipat.

Permintaan bunga segar pun tidak hanya datang dari customer individu. Menurut penanggung jawab operasional toko bunga Flower Studio Sarikin, permintaan bunga di akhir tahun bisa datang dari konsumen personal, hotel, maupun perusahaan.

Kebanyakan buket bunga terdiri dari bunga impor yang jenisnya sangat bervariasi dan relatif tidak mudah layu.

Walau begitu, karena bunga itu tumbuh di iklim yang berbeda dengan Indonesia, dibutuhkan penanganan yang tepat agar bunga tetap segar dan indah sampai di tangan konsumen.

Baca juga: Memilih Bunga Sesuai Zodiak, Bisa untuk Hadiah

“Kondisi dan kesegaran bunga harus tetap terjaga hingga diterima oleh customer. Karenanya penting bagi kami memstikan efisiensi dan keamanan pengiriman, termasuk memilih jasa pengiriman yang siap on-demand,” kata Sarikin.

Setelah bunga diterima, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kesegarannya, antara lain mengganti air di vas setiap dua hari sekali dengan air bersih, memastikan foam bunga selalu basah, serta ditempatkan di ruangan yang sirkulasi udaranya baik.

Digitalisasi

Untuk mendukung Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), termasuk pemilik bisnis bunga, perusahaan logistik Lalamove melakukan digitalisasi pengiriman. Dengan demikian proses operasional lebih cepat dan terukur.

“Kami siap bekerja sama dengan bisnis dan UMKM untuk menyediakan pengiriman yang lebih terjangkau dan efisien, khususnya di akhir tahun ini dimana permintaan biasanya lebih meningkat,” kata Andi M Rizki, City Direktur Lalamove Indonesia.

Kemudahan dalam melakukan order dan tarif yang terjangkau juga membantu mengoptimalkan bisnis bunga dan menyesuaikan pengiriman dengan keinginan konsumen.

Baca juga: Ingin Bunga Segar Tahan Lama di Vas? Begini Caranya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X