Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Mirip dengan Pasangan, Benarkah Pertanda Jodoh?

Kompas.com - 19/11/2020, 15:04 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menemukan sepasang kekasih yang wajahnya terlihat mirip satu sama lain? Atau kamu dan pasanganmu kerap kali dibilang memiliki wajah yang mirip?

Nah, konon katanya pasangan kekasih yang punya wajah mirip pertanda jodoh. Benarkah demikian?

Mungkin sudah beberapa kali kita tidak sengaja melihat pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip. Bahkan, tak sedikit pula yang memperkirakan kalau pasangan tersebut akan berjodoh di pelaminan.

Memang banyak anggapan yang beredar di masyarakat kalau orang yang punya wajah mirip dengan pasangannya pertanda jodoh.

Selain wajah, beberapa sifat, kepribadian, perilaku, dan kebiasaan pun seringkali tidak jauh berbeda. Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Para peneliti pun sudah lama mempelajari fenomena unik ini. Salah satu kesimpulannya, ada unsur kecenderungan yang membuat seseorang lebih memilih pasangan yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Hal tersebut karena manusia memang secara alami akan tertarik kepada orang lain yang mirip dengannya. Proses ini terjadi di dalam alam bawah sadar manusia.

Manusia akan lebih tertarik dengan orang lain yang memiliki kesamaan berupa fisik, hobi, sifat, kebiasaan, dan lain-lainnya.

Maka dari itu, mereka akan merasa lebih mudah untuk saling akrab satu sama lain.

Baca juga: Makin Lama Berkencan Wajah Makin Mirip dengan Pasangan, Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, Inggris, meminta para partisipan untuk memilih dua foto berbeda, yakni masing-masing 1 pria dan 1 wanita.

Selanjutnya, mereka menilai kepribadian orang yang mereka pilih.

Menariknya, sebagian besar partisipan memilih sepasang foto yang ternyata adalah pasangan yang telah menikah cukup lama. Mereka memilih pasangan tersebut karena dinilai memiliki kepribadian yang cenderung mirip.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa dengan memiliki kepribadian yang serupa, membuat pasangan kekasih memiliki wajah yang terlihat mirip.

Tak hanya itu, sebuah studi lain juga menyebutkan bahwa seseorang, baik pria maupun wanita, akan cenderung memilih pasangan yang punya kemiripan wajah dengan orangtua mereka yang berlainan jenis kelamin.

Sederhananya, para anak perempuan akan mencari pasangan yang mirip dengan ayah mereka, serta anak laki-laki akan mencari pasangan yang mirip dengan ibunya.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com