Wajah Mirip dengan Pasangan, Benarkah Pertanda Jodoh?

Kompas.com - 19/11/2020, 15:04 WIB
Ilustrasi pasangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menemukan sepasang kekasih yang wajahnya terlihat mirip satu sama lain? Atau kamu dan pasanganmu kerap kali dibilang memiliki wajah yang mirip?

Nah, konon katanya pasangan kekasih yang punya wajah mirip pertanda jodoh. Benarkah demikian?

Mungkin sudah beberapa kali kita tidak sengaja melihat pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip. Bahkan, tak sedikit pula yang memperkirakan kalau pasangan tersebut akan berjodoh di pelaminan.

Memang banyak anggapan yang beredar di masyarakat kalau orang yang punya wajah mirip dengan pasangannya pertanda jodoh.

Selain wajah, beberapa sifat, kepribadian, perilaku, dan kebiasaan pun seringkali tidak jauh berbeda. Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Para peneliti pun sudah lama mempelajari fenomena unik ini. Salah satu kesimpulannya, ada unsur kecenderungan yang membuat seseorang lebih memilih pasangan yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Hal tersebut karena manusia memang secara alami akan tertarik kepada orang lain yang mirip dengannya. Proses ini terjadi di dalam alam bawah sadar manusia.

Manusia akan lebih tertarik dengan orang lain yang memiliki kesamaan berupa fisik, hobi, sifat, kebiasaan, dan lain-lainnya.

Maka dari itu, mereka akan merasa lebih mudah untuk saling akrab satu sama lain.

Baca juga: Makin Lama Berkencan Wajah Makin Mirip dengan Pasangan, Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, Inggris, meminta para partisipan untuk memilih dua foto berbeda, yakni masing-masing 1 pria dan 1 wanita.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X