Salah Sampo Picu Jerawat di Wajah, Benarkah?

Kompas.com - 19/11/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Munculnya jerawat di wajah memang bisa disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan produk perawatan muka.

Namun, jika jerawat timbul di sekitar dahi, bisa jadi kondisi itu dipicu oleh kebiasaan berganti sampo, atau pun ketidakcocokan dengan jenis sampo yang dipakai.

Menurut seorang Dermatolog yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Kally Papantoniou, MD, ada beberapa sampo yang mengandung minyak.

Baca juga: Cara Tepat Pakai Concealer untuk Tutupi Mata Panda dan Jerawat

Sebutlah kandungan minyak zaitun, argon, atau pun minyak kelapa. Nah, kandungan minyak inilah yang lantas diyakini bisa menyumbat pori-pori di wajah, hingga menimbulkan jerawat.

"Minyak ini tidak menyebabkan jerawat pada semua orang, tetapi jika seseorang rentan terhadap jerawat, dia akan lebih sensitif terhadap sampo yang mengandung minyak."

Demikian penjelasan Papantoniou seperti yang dikutip dari laman New Beauty.

Sementara itu,Valerie Callender, MD, dermatolog di Glenn Dale Hospital mengatakan, bagi mereka yang memiliki rambut lebih gelap dan lantas mengalami peningkatan jerawat, maka keadaan itu terbilang wajar. 

"Rambut hitam cenderung lebih kering mengingat kondisi natural dari rambut tersebut, sehingga pemiliknya lebih memilih sampo yang mengandung minyak, seperti cocoa butter atau shea butter untuk digunakan," kata dia.

Jerawat akibat sampo

Callender mengatakan, jerawat karena kesalahan pemakaian sampo atau disebut juga pomade acne kerap ditemukan di sepanjang garis rambut dan dahi.

Baca juga: Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

Halaman:


Sumber New Beauty
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X