Jangan Bersihkan Kaki Anjing dengan Hand Sanitizer, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/11/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi anjing memakai hand sanitizer shutterstockIlustrasi anjing memakai hand sanitizer

KOMPAS.com - Pandemi covid-19 membuat kita begitu akrab dengan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Padahal, terlalu banyak menggunakan hand sanitizer justru akan menjadikan produk ini berbahaya.

Tak hanya berbahaya bagi manusia, produk berbahan dasar alkohol ini juga tidak ramah bagi hewan peliharaan, termasuk anjing.

Meskipun tidak ada bukti bahwa anjing dapat menularkan covid-19 kepada manusia, dan virus tidak dapat bertahan lama di bulu anjing, beberapa pemilik hewan peliharaan masih menggunakan hand sanitizer di kaki anjingnya.

Hal ini tanpa disadari dapat menyebabkan masalah kesehatan, atau bahkan kematian bagi binatang peliharaan itu.

Mengapa pembersih tangan berbahaya bagi anjing?

Hand sanitizer mengandung produk alkohol yang disebut etanol. Etanol ini bila termakan hewan peliharaan juga berbahaya karena ukuran mereka lebih kecil daripada manusia.

Belum lagi, kebiasaan anjing yang cenderung menjilati tubuhnya saat merasa tidak nyaman. Bahkan karena rasanya yang menurut mereka aneh, anjing bisa jadi akan terus menjilati kaki mereka, sampai rasa aneh itu hilang.

Baca juga: Minum Cairan Hand Sanitizer Sebabkan Kebutaan dan Kematian

 

Sampai sini, bisa membayangkan berapa banyak mereka akan mengonsumsi etanol dari pembersih tangan kan?

“Gejala hewan yang keracunan alkohol sangat mirip dengan manusia,” kata Dr. Zac Pilossoph, dokter hewan konsultan Healthy Paws Pet Insurance.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X