Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 18:45 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah gigi dan mulut tidak boleh dianggap sebagai persoalan yang sepele, terutama bagi wanita yang sedang hamil.

Apalagi dalam beberapa kasus masalah gigi dan mulut pada wanita hamil ternyata dapat memicu terjadinya keguguran.

Ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM mengatakan, bahwa masalah gigi yang dibiarkan berlarut-larut akan berdampak sistemik, salah satunya mengganggu plasenta wanita hamil.

"Banyak literatur yang mengungkapkan, kalau wanita hamil dengan kondisi giginya berlubang atau rusak cukup parah bisa menyebabkan peradangan yang menjalar ke janin," jelasnya.

"Keguguran ini bisa terjadi di trimester awal yang rawan karena janin masih membentuk diri dan plasenta belum terlalu kuat melindungi," lanjut dia.

Baca juga: Bagaimana Proses Terjadinya Gigi Berlubang

Selain itu, wanita hamil juga rentan untuk muntah karena rasa mual yang tidak tertahankan.

Alhasil, sisa-sisa muntahan tersebut meningkatkan keasaman di mukosa yang justru mempercepat kerusakan gigi dan memperparah kondisi gigi berlubang jika tidak segera dibersihkan.

Gigi berlubang yang diabaikan dapat memicu mikroorganisme bakteri yang tumbuh di gigi dan sekitar mulut dapat dengan mudah masuk ke pembuluh darah dan berpotensi tinggi menyebabkan keguguran.

Persiapan sebelum hamil

Dokter Seno menyarankan agar para wanita lebih mempersiapkan kesehatan gigi dan mulutnya sebelum memutuskan untuk hamil.

Mengingat, saat hamil, ada banyak perubahan yang bisa saja terjadi. Misalnya jadi suka mengonsumsi makanan manis dan mulai terasa malas karena berat badan yang bertambah.

"Kalau sudah malas nanti tidak memperhatikan kebersihan gigi dan mulut lagi. Mulai jarang sikat gigi dan itu sangat berbahaya bagi janin," katanya.

Dia juga mengimbau, agar wanita hamil setelah muntah untuk segera membersihkan mukosa dengan menyikat gigi dan berkumur supaya tidak menjadi endapan, serta mencegah bau mulut.

Baca juga: Berhubungan Intim Ketika Hamil Bisa Sebabkan Keguguran, Benarkah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com