Hati-hati, Gigi Berlubang Saat Hamil Bisa Picu Keguguran

Kompas.com - 19/11/2020, 18:45 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Masalah gigi dan mulut tidak boleh dianggap sebagai persoalan yang sepele, terutama bagi wanita yang sedang hamil.

Apalagi dalam beberapa kasus masalah gigi dan mulut pada wanita hamil ternyata dapat memicu terjadinya keguguran.

Ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM mengatakan, bahwa masalah gigi yang dibiarkan berlarut-larut akan berdampak sistemik, salah satunya mengganggu plasenta wanita hamil.

"Banyak literatur yang mengungkapkan, kalau wanita hamil dengan kondisi giginya berlubang atau rusak cukup parah bisa menyebabkan peradangan yang menjalar ke janin," jelasnya.

"Keguguran ini bisa terjadi di trimester awal yang rawan karena janin masih membentuk diri dan plasenta belum terlalu kuat melindungi," lanjut dia.

Baca juga: Bagaimana Proses Terjadinya Gigi Berlubang

Selain itu, wanita hamil juga rentan untuk muntah karena rasa mual yang tidak tertahankan.

Alhasil, sisa-sisa muntahan tersebut meningkatkan keasaman di mukosa yang justru mempercepat kerusakan gigi dan memperparah kondisi gigi berlubang jika tidak segera dibersihkan.

Gigi berlubang yang diabaikan dapat memicu mikroorganisme bakteri yang tumbuh di gigi dan sekitar mulut dapat dengan mudah masuk ke pembuluh darah dan berpotensi tinggi menyebabkan keguguran.

Persiapan sebelum hamil

Dokter Seno menyarankan agar para wanita lebih mempersiapkan kesehatan gigi dan mulutnya sebelum memutuskan untuk hamil.

Mengingat, saat hamil, ada banyak perubahan yang bisa saja terjadi. Misalnya jadi suka mengonsumsi makanan manis dan mulai terasa malas karena berat badan yang bertambah.

"Kalau sudah malas nanti tidak memperhatikan kebersihan gigi dan mulut lagi. Mulai jarang sikat gigi dan itu sangat berbahaya bagi janin," katanya.

Dia juga mengimbau, agar wanita hamil setelah muntah untuk segera membersihkan mukosa dengan menyikat gigi dan berkumur supaya tidak menjadi endapan, serta mencegah bau mulut.

Baca juga: Berhubungan Intim Ketika Hamil Bisa Sebabkan Keguguran, Benarkah?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X