Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 19:21 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terkadang, kita melihat kucing liar, atau kucing peliharaan kita memakan rumput. Sebenarnya kenapa sih mereka makan rumput?

Dr. Pete Lands, DVM, direktur perawatan darurat dan kritis di St. Francis Veterinary Center di New Jersey, mengatakan bahwa sebenarnya tak banyak penelitian yang mencari tahu mengapa kucing memakan rumput.

Namun, kucing biasanya memiliki sejumlah penyakit gastrointestinal yang mendasari perilaku ini, seperti sindrom iritasi usus besar.

Jadi, makan rumput dapat menjadi cara bagi mereka untuk menenangkan saluran pencernaannya.

“Baik untuk membantu mengeluarkan feses sedikit lebih cepat atau membantu mereka memuntahkan bola rambut,” kata Lands.

Rumput sendiri memiliki banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit.

Kucing terkenal peminum air yang buruk, sehingga menambahkan serat ke dalam makanan membantu mereka buang air sedikit lebih mudah,” kata Dr. Angie Krause, DVM, CVA, CCRT, seorang dokter hewan holistik yang berbasis di Boulder, Colorado.

Untuk itulah kucing menutrisi dirinya dengan memakan rumput untuk mendapatkan asam folat, yang membantu membentuk hemoglobin.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Berperilaku Agresif

"Jika makanan mereka di rumah tanpa vitamin, mineral, atau nutrisi tertentu, mereka mungkin mencoba menemukannya di tempat lain," kata Lands.

“Jadi, satu tempat bagi mereka untuk menemukan asam folat adalah dengan makan rumput jika itu adalah sesuatu yang hilang dalam pola makan mereka,” imbuh Lands.

Apakah makan rumput berhubungan dengan stres?

Tak hanya masalah pencernaan, makan rumput juga bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang stres.

Beberapa orang mengatakan, jika kucing berada dalam lingkungan yang penuh tekanan, mereka mungkin menghadapi stres dengan makan, mirip dengan cara manusia saat sedang stres.

“Atau makan secara emosional untuk membantu membuat mereka rileks atau menenangkan mereka," kata Lands. Namun hal ini mungkin terjadi pada kucing liar.

Apakah baik bagi kucing untuk makan rumput?

Makan rumput dapat membantu pencernaan kucing. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa mengakibatkan komplikasi medis.

“Di Amerika, sebagian besar kucing kami berada di dalam rumah sepanjang tahun, jadi jika mereka pergi keluar dan makan rumput, kamu mungkin harus menelepon dan berbicara dengan dokter hewan,” kata Lands.

Dalam beberapa kasus, jika kucing makan terlalu banyak, rumput bisa tersangkut di perut dan membutuhkan pembedahan untuk mengangkatnya.

Namun beberapa kucing memakan rumput karena mereka menyukai rasanya. Rumput juga bisa memberikan mereka nutrisi.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Berperilaku Agresif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com