Apa Penyebab Kucing Makan Rumput?

Kompas.com - 19/11/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi kucing makan rumput shutterstockIlustrasi kucing makan rumput

KOMPAS.com - Terkadang, kita melihat kucing liar, atau kucing peliharaan kita memakan rumput. Sebenarnya kenapa sih mereka makan rumput?

Dr. Pete Lands, DVM, direktur perawatan darurat dan kritis di St. Francis Veterinary Center di New Jersey, mengatakan bahwa sebenarnya tak banyak penelitian yang mencari tahu mengapa kucing memakan rumput.

Namun, kucing biasanya memiliki sejumlah penyakit gastrointestinal yang mendasari perilaku ini, seperti sindrom iritasi usus besar.

Jadi, makan rumput dapat menjadi cara bagi mereka untuk menenangkan saluran pencernaannya.

“Baik untuk membantu mengeluarkan feses sedikit lebih cepat atau membantu mereka memuntahkan bola rambut,” kata Lands.

Rumput sendiri memiliki banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit.

Kucing terkenal peminum air yang buruk, sehingga menambahkan serat ke dalam makanan membantu mereka buang air sedikit lebih mudah,” kata Dr. Angie Krause, DVM, CVA, CCRT, seorang dokter hewan holistik yang berbasis di Boulder, Colorado.

Untuk itulah kucing menutrisi dirinya dengan memakan rumput untuk mendapatkan asam folat, yang membantu membentuk hemoglobin.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Berperilaku Agresif

"Jika makanan mereka di rumah tanpa vitamin, mineral, atau nutrisi tertentu, mereka mungkin mencoba menemukannya di tempat lain," kata Lands.

“Jadi, satu tempat bagi mereka untuk menemukan asam folat adalah dengan makan rumput jika itu adalah sesuatu yang hilang dalam pola makan mereka,” imbuh Lands.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X