Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merawat Wajah Agar Lebih Ganteng? Ini Tipsnya

Kompas.com - 20/11/2020, 10:32 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Siapa bilang merawat wajah pria tidak penting? Kaum pria juga wajib merawat wajah dan badan agar kulit senantiasa sehat, cerah, serta bersih.

Namun, karena identik dengan ritual wanita, para pria mungkin bingung dalam menerapkan panduan perawatan wajah yang tepat.

Untuk penampilan yang lebih ganteng, berikut ini panduan dan tips perawatan wajah pria yang bisa diterapkan:

1. Ketahui jenis kulit

Tips perawatan wajah pria yang utama adalah mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Umumnya, pria memiliki kulit berminyak dengan tekstur yang tebal akibat aktivitas hormon testosteron.

Namun, beberapa pria tentu juga memiliki kulit kering, normal, atau kombinasi. Dengan mengetahui tipe kulit, kita bisa memilih produk perawatan wajah yang tepat dan sesuai.

Salah satu cara cepat mengetahui jenis kulit adalah dengan menempelkan kertas minyak wajah (blotting paper) satu jam setelah wajah dibersihkan.

Apabila terdapat banyak minyak menyerap di kertas tersebut, maka kulitmu cenderung berminyak. Jika hampir tidak ada minyak di kertas, maka besar kemungkinan kulit yang kamu miliki adalah kulit kering.

Sementara itu, apabila ada sedikit minyak di blotting paper, maka besar kemungkinan kulit wajahmu adalah kulit kombinasi atau normal.

Baca juga: Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

2. Bersihkan wajah maksimal dua kali sehari

Seperti wanita, pria pun wajib rutin membersihkan wajah dua kali dalam satu hari. Waktu penting untuk membersihkan wajah adalah sebelum tidur – agar kotoran dan polusi yang menempel bisa terangkat dan tidak menyumbat pori-pori wajah.

Kotoran yang tidak dibersihkan tentu membuat wajah pria kusam. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat merusak minyak alami yang ada di kulit.

Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kita juga disarankan memilih pembersih dengan bahan yang ringan dan tidak mengiritasi kulit.

Baca juga: 7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah

3. Aplikasikan serum wajah

Ya, dalam merawat wajah, pria pun memerlukan asupan dari produk serum wajah agar bisa tampil sehat.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com