Orangtua Tutup Mata Anak Saat Muncul Adegan Ciuman pada Film, Benar atau Salah?

Kompas.com - 20/11/2020, 10:56 WIB
Ilustrasi bioskop. ThinkstockIlustrasi bioskop.

KOMPAS.com - Tak sedikit orangtua yang mengajak anaknya yang masih di bawah umur menonton film bersama, terutama ketika menonton di bioskop.

Kemudian, ketika muncul adegan ciuman atau adegan dewasa lainnya, orangtua langsung buru-buru menutup mata anak.

Apakah tindakan tersebut benar atau justru salah?

Psikolog anak dan keluarga, Samanta Ananta, M.Psi, mengatakan, orangtua seharusnya sejak awal tidak mengajak anak menonton bersama jika sudah tahu film atau acara yang ditontonnya memiliki rating dewasa.

"Saya suka lihat orangtua ini lucu. Film 17 tahun ke atas tapi anak diajak nonton, pas lagi nonton sibuk sendiri anaknya ditutup-tutup matanya."

Demikian diungkapkan Samanta dalam Live Instagram bersama @parentingindonesia, Kamis (19/11/2020).

Apalagi jika anak sudah cukup besar, mereka akan cenderung marah jika matanya ditutup.

Tindakan tersebut justru akan mengundang rasa penasaran anak dan orangtua semakin menunjukkan sikap inkonsistennya terhadap pola asuh pada anak.

Rasa penasaran anak yang tidak terjawab atau terjelaskan oleh orangtua justru bisa membuatnya mencari jawaban dari luar.

Akibatnya, anak berpotensi mendapatkan informasi yang melebihi kapasitas yang bisa mereka proses.

Baca juga: Edukasi Seks untuk Anak, Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua?

Jika film yang ditonton adalah film keluarga dan menyertakan adegan pasangan berciuman, berikan penjelasan yang baik pada anak.

Orangtua bisa menyampaikan bahwa itu adalah cara budaya di film tersebut untuk mengekspresikan rasa kasih sayangnya.

"Di rumah cara orangtua mengekspresikannya dengan apa? Dengan berpelukan, dengan kehadiran, dengan pelayanan? Sampaikan dengan tipe bahasa kasih yang ada di rumah," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X