Kompas.com - 20/11/2020, 15:16 WIB

KOMPAS.com— Agar tumbuh subur dan sehat, tanaman harus dirawat, termasuk diberi pupuk.  Beberapa bahan masakan seperti air cucian beras dan kulit telur disebut-sebut bisa memberikan nutrisi untuk tanaman.

Ada pula yang menggunakan MSG sebagai penyubur si anak hijau. Namun, apa saja kandungan dalam MSG sehingga membuatnya mampu menyuburkan tanaman?

Dalam akun Youtube Taman Inspirasi diungkap mengapa MSG atau vetsin atau yang juga kita sebut sebagai micin bisa menyuburkan tanaman.

Mengandung natrium

Natrium adalah salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Namun, natrium adalah unsur hara fungsional, bukan esensial. Artinya, tanpa natrium tanaman mampu tumbuh normal, asalkan unsur hara yang lain terpenuhi.

Walau begitu natrium tetap bisa menyuburkan tanaman, karena berdasarkan fungsinya natrium berperan mempertahankan kadar air di daun dan dapat menggantikan peran unsur K.

Selain itu, natrium juga bisa membantu pertumbuhan umbi serta mencegah umbi menjadi busuk.

Baca juga: Ketahuilah, 5 Manfaat Cangkang Kulit Telur untuk Tanaman

Efek samping penggunaan MSG

Penggunaan MSG, tetap harus diwaspadai. Jika tak ingin tanaman justru mati setelah diberi vetsin, perhatikan hal berikut ini:

- Penggunaan terlalu banyak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.