Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Istri Bisa Membantu Suami yang Alami Disfungsi Ereksi

Kompas.com - Diperbarui 14/12/2022, 06:02 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.comDisfungsi ereksi bukan hanya masalah bagi suami. Istri juga pasti sedih melihat suaminya frustasi dan putus asa karena mengalami disfungsi seksual.

Sayangnya, kebanyakan pria enggan membicarakan masalah disfungsi ereksi kepada orang lain termasuk pasangan. Sebab mereka merasa malu, bersalah, dan menganggap dirinya kurang "macho".

Padahal, istri bisa memberikan dukungan emosional dan fisik untuk membantu suami mengatasi masalah tersebut.

Kembali lagi, komunikasi adalah kunci di antara pasangan. Dalam situasi seperti ini, sebaiknya istri yang memulai duluan.

Ajak suami untuk berdiskusi dan membahas topik sensitif ini. Baru kemudian istri mengambil peran untuk membantu suaminya mengatasi masalah disfungsi seksual.

Baca juga: 3 Langkah Mengatasi Disfungsi Ereksi Tanpa Obat Kuat

Berikut tujuh saran yang bisa seorang istri lakukan apabila mendapati suaminya mengalami disfungsi ereksi.

1. Diskusikan masalahnya

Seperti dikatakan sebelumnya, komunikasi yang baik adalah dasar hubungan bisa langgeng. Ajak suami untuk berdiskusi.

Ungkapkan perasaan dan tunjukkan kepedulian kepada pasangan. Walaupun sulit untuk memulainya, tapi lebih baik jujur daripada membiarkan masalah berlarut-larut.

2. Temukan waktu yang tepat

Diskusi terkait disfungsi seksual yang dialami suami memang penting, tapi istri juga perlu waktu yang tepat untuk melakukannya.

Hindari memulai diskusi di tempat tidur dengan keadaan terbuka. Tapi bukan berarti tempat tidur tidak bisa dijadikan tempat untuk percakapan seksual.

Tempat tidur tetap bisa menjadi pilihan. Atau pilih tempat lain yang suasananya lebih santai seperti teras di belakang rumah.

Baca juga: Yang Perlu Dilakukan Saat Suami Disfungsi Ereksi

3. Yakinkan pasangan dirinya tidak sendiri

Penting bagi istri untuk mengingatkan suami jika disfungsi ereksi adalah kondisi medis yang bisa diobati. Ada juga orang lain yang mengalami hal serupa dan berhasil mengatasinya.

Berikan juga pemahaman bahwa mengalami disfungsi ereksi bukan berarti suami tidak tertarik dengan aktivitas seksual. Yakinkan suami ia tidak sendiri menghadapi situasi ini.

4. Cari tahu informasi

Tak hanya suami, istri juga perlu mendapatkan pemahaman dan informasi tentang disfungsi ereksi. Selain itu istri juga bisa mencari tahu tentang perawatan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Istri bisa memberikan pilihan dokter untuk berkonsultasi dan metode perawatan yang sesuai. Pilihlah yang sesuai dengan kebiasaan aktivitas seksual pasangan.

Baca juga: Hei Lelaki, Pahamilah Penyebab dan Gejala Disfungsi Ereksi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com