Rutin Bercinta Bikin Hidup Lebih Sehat

Kompas.com - 20/11/2020, 22:10 WIB
Godaan untuk bercinta AntonioGuillemGodaan untuk bercinta

KOMPAS.com - Bercinta dengan pasangan tak sebatas memberi kesenangan dan kepuasan. Lebih dari itu, bercinta dikatakan memberi banyak manfaat kesehatan.

Apa sajakah manfaat bercinta yang membuat hidup lebih sehat? Berikut ulasannya seperti yang diungkap Big Easy.

1. Kebugaran fisik

Bercinta termasuk salah satu jenis olahraga. American Heart Association menunjukkan, aktivitas seksual hampir sama dengan latihan fisik sedang seperti naik tangga atau jalan cepat.

Gerakan saat bercinta dapat mengencangkan otot panggul dan perut. Khusus untuk wanita, pengencangan otot juga membantu mengontrol kandung kemih.

Bagi yang memiliki penyakit jantung, tidak perlu khawatir dengan kondisinya apabila hendak bercinta. Hal ini didukung oleh pernyataan ilmiah dari American Heart Association.

Pernyataan itu mengatakan, mereka yang memiliki penyakit kardiovaskular dapat melakukan aktivitas seksual tanpa mengalami masalah jantung dengan lingkup 3 - 5 MET atau padanan metabolik.

Selain itu, bercinta juga dianggap sebagai jenis olahraga yang relatif baik. Studi kecil pada Oktober 2013 menemukan, pria membuang 4 kalori per menit apabila bercinta selama 25 menit.

Wanita juga bisa mengalami hal yang sama. Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal harian PLoS One menyatakan, bercinta membuat wanita kehilangan tiga kalori per menit.

Jumlah kalori yang keluar ini sama dengan latihan tanpa henti di treadmill.

Baca juga: Harus Seberapa Sering Bercinta Supaya Bisa Langsing?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X