Sejauh Mana Orangtua Perlu Membicarakan Seks dengan Anak?

Kompas.com - 21/11/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Orangtua sering kali bingung atau enggan memulai obrolan seputar seks dengan anak.

Alasannya beragam, mulai dari tidak siap menjawab pertanyaan anak hingga gengsi karena harus mengingat momen-momen masa lalu.

Padahal, jika orangtua mau berbicara terbuka, anak akan menjadikan orangtua sebagai sumber pengetahuan dan wawasan utama bagi mereka.

Hal ini tentunya merupakan suatu hal positif agar anak tidak mencari dan mendapatkan informasi seks dari sumber yang tidak tepat.

Lalu, sejak usia berapa idealnya anak diberi informasi seputar seks?

Psikolog anak dan keluarga, Samanta Ananta, M.Psi, menjelaskan, orangtua sudah bisa memulainya sejak anak baru lahir.

Caranya adalah dengan memperkenalkan mereka dengan alat kelaminnya.

Orangtua juga disarankan untuk tidak mengganti nama alat kelamin dengan istilah-istilah lain agar kelak anak tidak bingung mengenai fungsi organnya.

"Bicara seks berarti respek, bagaimana menghargai anak dan diri sendiri ketika membiasakan dengan "permisi. Mama mau bersihin alat kelamin kamu karena kotor"."

"Itu menimbulkan rasa percaya dan rasa aman pada anak," ucap Samanta dalam Instagram Live bersama @parentingindonesia, belum lama ini.

Baca juga: Anak Tak Sengaja Lihat Orangtua Berhubungan Intim, Bagaimana Menjelaskannya?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X