Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2020, 12:51 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com— Untuk mereka yang tak terlalu menyukai kopi hitam, krimer atau coffee creamer bisa menjadi alternatif tambahan untuk membuat kopi lebih nikmat.

Tak hanya semakin nikmat, tambahan krimer juga dapat membuat rasa asam kopi jadi berkurang. Namun, apakah krimer dapat merusak diet yang tengah kamu jalani?

Nikola Djordjevic, MD, seorang dokter keluarga bersertifikat memberikan pandangannya terkait krimer kopi.

Nikola mengatakan, untuk menilai makanan kita harus berpikir lebih holistik (memikirkan secara keseluruhan) terkait kebiasaan makan kita.

"Intinya, semuanya bisa membahayakan kesehatan jika kita meminumnya terlalu banyak," katanya.

"Itulah mengapa hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita adalah menjadi moderat dalam segala hal yang kita lakukan,” imbuhnya.

Baca juga: Resep Es Kopi Susu Kekinian, Pakai Gula Aren Cair

Jika tetap berpegang pada ukuran porsi satu sendok makan krim kopi per hari, dan diet yang dijalani secara keseluruhan tidak penuh dengan lemak trans dan gula, maka konsumsi krimer dalam jumlah sedang tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika kamu mengonsumsi kopi dan krimer lebih dari satu kali per hari, kandungan lemak dan gula yang kamu konsumsi mungkin akan menjadi lebih tinggi.

Ahli gizi Kristen Carli, RD mengatakan, untuk menentukan apakah efeknya baik atau buruk, tanyakan pada diri sendiri berapa banyak yang ditambahkan, berapa cangkir kopi dan krimer yang diminum setiap hari.

“Tergantung pada jenis krimer dan seberapa banyak yang ditambahkan ke kopi setiap pagi, bisa saja kita telah mencapai batas aman konsumsi gula,” kata Kristen.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi jumlah gula tambahan yang kamu konsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Sarapan Bisa Mengganggu Metabolisme Tubuh

Ilustrasi secangkir kopi. Kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga.FREEPIK Ilustrasi secangkir kopi. Kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga.


Lalu apa sebenarnya kandungan yang ada di dalam kopi krimer?

Nikola mengatakan, sebagian besar krim kopi mengandung air, gula, dan minyak terhidrogenasi yang dikenal sebagai lemak trans.

"Kita mengonsumsi lemak trans saat kita makan produk hewani; namun, jika kita mengonsumsi terlalu banyak lemak trans, LDL (atau kolesterol jahat) bisa naik,” ujar Nikola.

Halaman:
Sumber Byrdie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com