Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2020, 16:38 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Protein merupakan zat gizi makro yang sangat penting untuk membangun tulang dan otot yang lebih kuat. Selain itu, protein juga dapat menjaga nafsu makan dan mengontrol gula darah.

Sayangnya, kebanyakan orang sering kali mengonsumsi protein terlalu banyak atau memilih jenis protein yang salah.  Dampaknya mereka tidak mendapat manfaat kesehatan optimal dari protein. 

Bagi kaum perempuan, asupan protein yang cukup dapat meningkatkan kepadatan tulang guna mencegah osteoporosis, serta meningkatkan kekuatan dan kesehatan.

Berikut adalah 11 sumber protein terbaik untuk dikonsumsi perempuan.

1. Daging sapi organik

Pilihan yang lebih direkomendasikan adalah daging sapi grass-fed atau organik. Daging sapi organik berasal dari sapi yang mengonsumsi rumput dan dilepas liarkan.

"Komposisi nutrisi daging sapi rumput sedikit berbeda dengan daging sapi dari sapi yang makan biji-bijian dan kedelai," kata Maggie Michalczyk, MS, RD kepada Eat This.

Baca juga: Tips Mengenali Daging Sapi Asli dan Segar

Kedua daging sapi tersebut sama-sama kaya zat besi, seng, dan selenium. Tapi daging sapi organik mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan lebih tinggi vitamin A, vitamin E, dan antioksidan lain.

"Daging sapi juga tinggi zat besi, khususnya zat besi heme. Ini merupakan bentuk zat besi yang paling mudah diserap oleh tubuh. Pada wanita, zat besi akan mencegah anemia," tambah Michalczyk.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber protein yang sangat baik karena sarat lemak dan vitamin sehat.

"Ikan mengandung asam lemak omega-3. Lemak esensial ini memberi manfaat seperti kesehatan jantung dan penurunan risiko osteoporosis yang berisiko bagi sebagian perempuan," kata Michalczyk.

Baca juga: Manfaat Telur Omega 3, Apa Bedanya dengan Telur Ayam Biasa?

Ilustrasi Quinoa.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Quinoa.

3. Quinoa

Quinoa adalah protein nabati dan mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh.  Quinoa juga kaya serat, vitamin C dan E, antioksidan, serta secara alami bebas gluten. Ini juga pilihan yang bagus bagi perempuan yang tidak makan daging.

4. Kacang-kacangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com