Apakah Makanan Pedas Buruk untuk Pencernaan?

Kompas.com - 24/11/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi sambal khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/ADRIEFOTOIlustrasi sambal khas Indonesia.

KOMPAS.com— Makanan pedas yang dihasilkan oleh bahan-bahan seperti rempah atau cabai mampu meningkatkan nafsu makan.

Namun, banyak orang yang memiliki masalah dengan makanan pedas. Karena meski lidah  menyukainya, tetapi masalah pencernaan kerap muncul setelah mengonsumsi makanan pedas.

Lalu, benarkah makanan pedas buruk untuk pencernaan? Berikut penjelasan para ahli.

Makan makanan pedas tidak selalu berdampak buruk bagi pencernaan. Tetapi ahli gizi mengatakan bahwa makanan pedas bisa menjadi masalah bagi mereka yang sudah memiliki gangguan pencernaan seperti refluks asam, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan penyakit radang usus (IBD).

"Karena kesehatan usus setiap orang itu unik, makanan pedas dapat menyebabkan satu orang sakit perut dan membuat orang lain merasa baik-baik saja," kata Brigitte Zeitlin, MPH, RD, CDN, ahli diet terdaftar .

Untuk itu, jika kamu sudah menderita refliks asam dan iritasi pada saluran pencernaan, mengasup makanan pedas akan membuat perut terasa tidak nyaman.

“Gejala yang biasa dialami misalnya, sering pergi ke kamar mandi,” kata Brigitte.

Baca juga: Lada Hitam, Bumbu Pedas yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Terkadang bukan bumbu yang menyebabkan masalah pencernaan, tetapi kandungan dalam makanan yang dikonsumsi.

"Makan sayap (ayam) pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena sayap yang digoreng, bukan (karena) saus pedasnya," kata Marta Ferraz-Valles ahli diet terdaftar di Institute for Digestive Health and Liver Disease di Mercy Medical Center di New York.

“Jika kamu makan burger keju dengan kentang goreng dan saus pedas, gejala pencernaan mungkin disebabkan oleh kandungan lemak keseluruhan makanan, bukan bagian pedasnya,” imbuhnya.

Halaman:


Sumber Byrdie
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X