Kompas.com - 24/11/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas. SHUTTERSTOCK/EKRAMARIlustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas.

KOMPAS.com - Setelah susu di lemari es kedaluwarsa, sebagian orang langsung membuangnya.

Padahal, susu basi sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Menurut Gardening Know How, susu kaya akan kalsium, protein, vitamin, dan gula yang dapat membantu menambah nutrisi serta membantunya tumbuh besar dan kuat.

Meskipun susu bukanlah sesuatu yang dibutuhkan oleh tanaman sepanjang waktu, ini adalah cara yang bagus untuk mendaur ulang sesuatu yang biasanya terbuang percuma, sehingga bermanfaat bagi tanaman dan bumi.

Baca juga: Ketahuilah, 5 Manfaat Cangkang Kulit Telur untuk Tanaman

Cara membuat

Tak hanya menggunakan susu basi, kita sebenarnya juga bisa menggunakan susu segar, susu evaporasi, atau bahkan susu bubuk.

Mulailah dengan mengencerkannya, dengan perbandingan air dan susu yang sama.

Kemudian, masukkan campuran ke dalam botol semprot dan semprotkan ke daun tanaman atau tuangkan sedikit di sekitar pangkal tanaman seperti menyiramnya.

Namun, hindari menyiraminya terlalu banyak karena malah berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman.

"Menggunakan terlalu banyak susu bukanlah ide yang baik karena bakteri di dalamnya akan membusuk, menghasilkan bau busuk dan menyebabkan pertumbuhan yang buruk."

"Lemak dalam susu bisa menghasilkan bau yang tidak sedap karena juga bisa rusak," tulis The Spruce.

Cara ini bisa memberikan manfaat dan nutrisi tambahan pada tanaman kebun dan tanaman hias.

Selain itu, metode ini juga dapat membantu tanaman melawan penyakit jamur, seperti embun tepung pada tanaman giok, English Ivy, dan begonia angel wings.

Baca juga: Seberapa Efektif MSG sebagai Pupuk Tanaman

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X