Kompas.com - 24/11/2020, 13:53 WIB
Perkiraan kasus covid-19 dI Indonesia screenshootPerkiraan kasus covid-19 dI Indonesia

KOMPAS.com— Data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengungkapkan bahwa di Indonesia sendiri sudah setengah juta orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebanyak 63.000 pasien diantaranya masih aktif dan sedang berjuang untuk sembuh.

Dari data terlihat bagaimana peningkatan jumlah kasus baru meningkat begitu cepat. Kasus harian Indonesia per tanggal 23 November 2020 saja, mencapai 4.442 kasus yang menyebar ke seluruh Indonesia.

Di Amerika, hanya dalam 6 hari, tepatnya minggu lalu, kasus melonjak dari 10 juta menjadi 11 juta kasus. Di hampir setiap negara bagian Amerika, laju penularan terus meningkat.

CDC memperkirakan bahwa kasus Covid-19 di Amerika akan terus meningkat hingga satu juta kasus baru setiap minggu untuk bulan depan, dan sebanyak 16.000 kematian mingguan.

“Kami melihat penyebaran yang eksponensial,” kata Celine Gounder, MD, spesialis penyakit menular di NYU Grossman School of Medicine.

Baca juga: Sepekan Setelah Kerumunan Rizieq Shihab, Jumlah Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat

Celine mengatakan, ledakan pasien di AS memang belum sampai membuat rumah sakit menjadi penuh. Karena jika seseorang terinfeksi, biasanya mereka baru akan ke rumah sakit setelah beberapa minggu ke depan.

“Sampai mereka cukup sakit untuk pergi ke rumah sakit. Beberapa minggu ke depan akan sangat buruk dalam hal apa yang sudah ditularkan,” ujar Celine.

Perayaan akhir tahun

Covid 19 sendiri membutuhkan waktu untuk berkembang dari terinfeksi hingga menjadi penyakit seriut. Karena itu, tidak ada cara lain untuk menghentikan lonjakan permintaan rawat inap dan kematian.

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X