Tips Memangkas Mawar untuk Jaga Kecantikannya

Kompas.com - 24/11/2020, 14:34 WIB
Ilustrasi memangkas mawar shutterstockIlustrasi memangkas mawar
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bunga mawar tergolong sebagai tanaman yang butuh perawatan khusus. Pemangkasan ranting menjadi bagian penting dari merawat tanaman ini.

Secara umum, orang akan memangkas ranting mawar tepat sebelum tanaman berhenti tumbuh.

Mawar akan mengalami dormansi atau berhenti tumbuh sebagai bentuk reaksi terhadap lingkungan tertentu, seperti cuaca yang mendadak berubah.

Jika kita merawat pohon mawar tua, potong ranting yang mati terlebih dulu, untuk memudahkan kita melihat bentuk tanaman secara utuh.

Karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis, pemangkasan ranting mawar dapat dilakukan dengan cara menyisakan tiga atau empat batang untuk menghasilkan bunga yang lebih besar.

Atau, melakukan pemangkasan sedang dengan memotong lima hingga 12 batang sehingga menghasilkan semak lebih besar.

Sedangkan, pemangkasan ringan (kurang dari sepertiga bagian tanaman) bisa meningkatkan jumlah bunga bertangkai pendek yang akan diproduksi.

Alat pemangkas bunga mawar

Belilah gunting pangkas berkualitas tinggi yang memiliki dua bilah melengkung. Apabila salah satu bilah cenderung datar, maka batang akan hancur, tidak terpotong.

Beberapa gunting kebun memiliki pegangan yang lebih mudah di tangan kita, dan ada model dengan bilah yang bisa dilepas.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X