Mengajarkan Anak agar Tak Mudah Percaya Hoaks di Internet

Kompas.com - 24/11/2020, 17:38 WIB
Perangkat penunjang dengan performa baik diperlukan untuk menunjang belajar online. (DOK Kredivo) Perangkat penunjang dengan performa baik diperlukan untuk menunjang belajar online.

KOMPAS.com -  Orang muda, termasuk anak-anak, merupakan kelompok yang acap kali menjadi sasaran empuk penyebaran informasi yang tidak benar.

Oleh sebab itu, orangtua berperan penting meningkatkan literasi media pada anak-anak supaya mereka dapat menjadi konsumen yang kritis ketika menerima informasi di internet.

CEO Pinna, layanan streaming yang berfokus pada anak, Maggie McGuire mengatakan, media sangat memengaruhi cara kita berpikir dan mengambil keputusan.

Dengan meningkatkan literasi media pada anak, mereka akan mampu mengembangkan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan menghasilkan komunikasi dalam berbagai bentuk.

" Literasi media juga membantu anak menjadi konsumen media yang bijaksana dan mampu mengembangkan pemikiran kritis yang berlandaskan pada bukti dan fakta," terangnya.

Baca juga: Penting, Literasi Media untuk Orangtua Generasi Milenial

"Jadi, mereka dapat memahami apa yang disebut dengan informasi kredibel dan mengetahui perbedaan antara fakta dan fiksi," sambung dia.

McGuire dan pakar lainnya kemudian membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan orangtua dalam meningkatkan literasi media pada anak-anak mereka, seperti yang dilansir dari laman HuffPost.

1. Mulailah lebih awal

Profesor dan ketua departemen pendidikan guru di Bradley University, Dean Cantu, menyarankan agar orangtua memulai literasi media pada anak lebih awal.

Hal ini disebabkan banyak anak usia dini yang mulai aktif dengan perangkat digital, baik untuk menonton maupun belajar online. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X