Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persalinan Caesar Bikin Bayi Berisiko Tinggi Sakit Asma

Kompas.com - 25/11/2020, 10:02 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Sebuah penelitian menemukan, anak-anak yang lahir melalui operasi caesar memiliki risiko tiga kali lipat menderita asma.

Hal itu terjadi karena persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan rahim ini menyebabkan bayi tidak terpapar bakteri yang bermanfaat, yang terdapat di jalan lahir pervaginal.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi komposisi mikrobioma bayi, yakni triliunan bakteri baik yang ditemukan di tubuh kita, yang membantu menjauhkan bakteri jahat.

Akibatnya, sistem kekebalan bayi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dan mereka menjadi lebih berisiko terhadap asma dan alergi di masa kanak-kanak. Asma sering dikaitkan dengan reaksi alergi.

Dalam studi terbaru, peneliti AS menganalisis efek kelahiran normal versus operasi caesar pada tahun pertama kehidupan untuk 700 anak. Penelitian kemudian ditindaklanjuti lima tahun kemudian. 

Mereka menemukan bahwa di antara anak-anak yang lahir secara alami, hanya 6 persen menderita asma pada usia enam tahun. Tetapi, jumlahnya mencapai 20 persen dari anak-anak yang lahir dari proses operasi caesar.

Baca juga: Berapa Kali Seorang Ibu Dapat Jalani Operasi Caesar?

Tim dari Rutgers University di New Jersey juga menemukan bahwa risiko alergi, seperti susu, telur, anjing atau kucing, juga meningkat pada anak-anak yang lahir melalui operasi caesar.

Pada usia enam tahun, 17 persen anak yang lahir melalui operasi caesar telah mengembangkan alergi dibandingkan dengan 11 persen anak yang lahir melalui vagina.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine itu menunjukkan bahwa risiko asma pada bayi dengan operasi caesar berkurang jika pertahanan alami mereka pulih pada usia satu tahun.

“Setiap generasi ibu memberikan mikrobioma ke generasi berikutnya, karena bayi dilapisi dengan kuman yang bermanfaat saat keluar melalui jalan lahir,” ujar peneliti Martin Blaser.

Sayangnya, mikrobioma dari ibu tak bisa didapatkan oleh anak yang lahir melalui proses caesar.

“Butuh beberapa saat bagi mereka untuk mengembangkan mikrobioma normal. Dan selama waktu itu, sementara sistem kekebalan juga berkembang, mereka menjadi lebih berisiko untuk mengembangkan penyakit seperti asma di kemudian hari,” lanjut Martin.

Baca juga: ASI Eksklusif Bantu Membentuk Sistem Kekebalan Bayi yang Lahir Caesar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com