Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Super Mario Bros 3 Langka Terjual Sebagai Kaset Game Termahal

Kompas.com - 25/11/2020, 10:52 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Dexerto

KOMPAS.com - Beberapa kaset game lawas ternyata menjadi incaran para kolektor. Makin langka dan makin bagus kondisinya, harganya pun semakin mahal.

Pada 20 November lalu kaset game langka Super Mario Bros 3 terjual dengan harga tinggi di pelelangan.

Kaset Super Mario Bros 3 ini memiliki cetakan khusus pada bagian sampulnya. Dan saat terjual, kaset itu dalam kondisi tersegel.

Super Mario Bros 3 pertama kali dikembangkan dan dirilis Nintendo untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) di Jepang pada 23 Oktober 1988.

Versi awal dari game ini adalah Super Mario Bros, yang diluncurkan Nintendo pada 13 September 1985 dengan menampilkan dua karakter bernama Mario dan Luigi.

Banyak kritikus dan penggemar beranggapan Super Mario Bros 3 adalah seri terbaik dari Super Mario Bros, dan game ini sering disebut sebagai mahakarya.

Baca juga: Orangtua, Coba Sadari Sisi Positif Game Online untuk Anak, Apa Saja?

Lebih dari 30 tahun sejak dirilis, Super Mario Bros 3 kembali disorot lantaran seorang pemain membeli kaset game itu di balai lelang Heritage Auctions dengan harga 156.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,2 miliar.

Nilai tersebut menjadikan Super Mario Bros 3 sebagai kaset game termahal hingga saat ini.

Super Mario Bros 3 mengalahkan game Super Mario Bros generasi pertama yang terjual pada Juli lalu dengan angka 114.000 dollar AS atau setara Rp 1,6 miliar.

Kaset ini berada dalam kondisi tersegel sejak tahun 1990 dan mendekati sempurna.

Perusahaan pemeringkat populer WATA memeriksa kaset tersebut, dan memberikan peringkat 9.2 - atau A +.

Di samping itu, desain pada kaset Super Mario Bros 3 tergolong langka, menjadikan kaset ini layaknya harta karun bagi kolektor Mario.

"Desain kotak game bertuliskan 'Bros.' diformat ke kiri pada bagian depan kaset sedikit menyamarkan tangan Mario, jarang ditemukan dalam kondisi tersegel," tulis Heritage Auctions.

Sejumlah laporan menyebutkan, banyak orang tidak mengetahui bahwa sealed version dari kaset Super Mario Bros 3 benar-benar ada.

Baca juga: Puma RS-Dreamer Bertema Mario Bros, Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dexerto
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com