Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang Sakit dan Jadi Beban Keluarga, Paling Ditakuti dari Penuaan

Kompas.com - 26/11/2020, 06:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada kehidupan setiap makhluk. Dengan berjalannya waktu, terjadi penuaan di tingkat sel, organ, serta seluruh tubuh.

Proses penuaan tersebut mendatangkan keterbatasan fisik. Tak heran jika banyak orang merasa cemas menghadapi masa tuanya. Bukan cuma soal kesehatan, tapi juga kemandirian, menjadi sumber kekhawatiran.

Dalam survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survei 2020, dengan melibatkan 5.500 responden dari beberapa negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, terungkap apa saja yang ditakutkan dari penuaan.

Di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat.

“Responden Indonesia memiliki beberapa perhatian terkait penuaan yang akan mereka jalani. 39 persen menyatakan kekhawatiran dari penuaan adalah jadi sering sakit, 19 persen khawatir perubahan penampilan saat menua, dan 15 persen menyatakan takut menjadi beban keluarga saat mereka tua,” kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, dalam virtual talkshow (25/11/2020).

Masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan dari penuaan adalah masalah tulang dan sendi (53 persen), kesehatan otak (42 persen), kesehatan mata (40 persen), dan penyakit jantung (36 persen).

Baca juga: Benarkah Rambut Beruban Tanda Penuaan?

Temuan lain adalah 61 responden Indonesia percaya diri dan yakin mampu menua dengan sehat. Prosentase itu paling tinggi dibanding dengan responden dari negara-negara lain.

Saat ditanya definisi menua dengan sehat, responden dari Indonesia mengatakan berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Selain itu, 58 persen mengartikan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga, dan 49 persen menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental.

“Menyadari pentingnya penuaan yang sehat, sebagian besar responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat,” kata Andam.

Baca juga: Penyebab Lansia Rentan Terhadap Virus Corona dan Cara Melindunginya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com