Kompas.com - 26/11/2020, 06:15 WIB
Ilustrasi lansia DragonImagesIlustrasi lansia

KOMPAS.com - Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada kehidupan setiap makhluk. Dengan berjalannya waktu, terjadi penuaan di tingkat sel, organ, serta seluruh tubuh.

Proses penuaan tersebut mendatangkan keterbatasan fisik. Tak heran jika banyak orang merasa cemas menghadapi masa tuanya. Bukan cuma soal kesehatan, tapi juga kemandirian, menjadi sumber kekhawatiran.

Dalam survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survei 2020, dengan melibatkan 5.500 responden dari beberapa negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, terungkap apa saja yang ditakutkan dari penuaan.

Di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat.

“Responden Indonesia memiliki beberapa perhatian terkait penuaan yang akan mereka jalani. 39 persen menyatakan kekhawatiran dari penuaan adalah jadi sering sakit, 19 persen khawatir perubahan penampilan saat menua, dan 15 persen menyatakan takut menjadi beban keluarga saat mereka tua,” kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, dalam virtual talkshow (25/11/2020).

Masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan dari penuaan adalah masalah tulang dan sendi (53 persen), kesehatan otak (42 persen), kesehatan mata (40 persen), dan penyakit jantung (36 persen).

Baca juga: Benarkah Rambut Beruban Tanda Penuaan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temuan lain adalah 61 responden Indonesia percaya diri dan yakin mampu menua dengan sehat. Prosentase itu paling tinggi dibanding dengan responden dari negara-negara lain.

Saat ditanya definisi menua dengan sehat, responden dari Indonesia mengatakan berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Selain itu, 58 persen mengartikan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga, dan 49 persen menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental.

“Menyadari pentingnya penuaan yang sehat, sebagian besar responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat,” kata Andam.

Baca juga: Penyebab Lansia Rentan Terhadap Virus Corona dan Cara Melindunginya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.