Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2020, 15:10 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Maskara merupakan kosmetik yang wajib dalam riasan mata. Maskara berfungsi untuk mempertebal maupun memperpanjang bulu mata sehingga mata terlihat lebih segar.

Kebanyakan maskara mengandung bahan sintetis yang dapat menyebabkan iritasi, terutama jika kulit kita sangat sensitif.

Tak heran bila beberapa orang mulai mencari maskara berbahan alami guna meminimalisir efek samping pada mata.

“Kelopak mata sangat tipis dan halus. Permukaan mukosa rentan terhadap iritan dan dermatitis kontak alergi,” kata dokter dermatologi Angela Lamb kepada HuffPost.

Profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Manhattan's Icahn di Mount Sinai itu menambahkan, sebaiknya pilih maskara berbahan alami karena risiko iritasi dan alergi yang lebih kecil.

Namun apabila ternyata kulit terus mengalami reaksi alergi dan iritasi walau sudah menggunakan kosmetik berbahan alami, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter, bila perlu melakukan tes tempel.

Baca juga: Masker Mata, Mampukah Hilangkan Kantung Mata?

"Ini adalah tes khusus yang dilakukan oleh dokter, berbeda dari tes alergi standar yang hanya melihat pemicu alergi seperti jamur dan debu,” kata Lamb.

"Uji tempel diperlukan untuk melihat bahan-bahan di dalam produk yang sebenarnya membuat kulit alergi," tambahnya.

Daniel Laroche dari Advanced Eye Care of New York mengatakan, maskara apapun termasuk yang dari bahan alami tetap dapat menyebabkan masalah pada mata jika seseorang ada alergi.

"Biasanya masalah terbentuk di pangkal bulu mata yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop, bukan mata telanjang. Hal ini dapat memicu infeksi dan alergi," ujar Laroche.

Guna mencegah masalah akibat penggunaan maskara, Laroche merekomendasikan untuk mengganti kosmetik setiap tiga bulan sekali.

Selain itu, pengaplikasian maskara juga harus jauh dari dasar folikel bulu mata. Jangan lupa untuk membersihkan maskara sehabis beraktivitas dengan riasan. Pastikan tidak ada noda yang tertinggal.

Baca juga: 5 Kesalahan Penggunaan Maskara yang Bikin Wajah Tampak Tua

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Huffpost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com