Kompas.com - 26/11/2020, 15:10 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Maskara merupakan kosmetik yang wajib dalam riasan mata. Maskara berfungsi untuk mempertebal maupun memperpanjang bulu mata sehingga mata terlihat lebih segar.

Kebanyakan maskara mengandung bahan sintetis yang dapat menyebabkan iritasi, terutama jika kulit kita sangat sensitif.

Tak heran bila beberapa orang mulai mencari maskara berbahan alami guna meminimalisir efek samping pada mata.

“Kelopak mata sangat tipis dan halus. Permukaan mukosa rentan terhadap iritan dan dermatitis kontak alergi,” kata dokter dermatologi Angela Lamb kepada HuffPost.

Profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Manhattan's Icahn di Mount Sinai itu menambahkan, sebaiknya pilih maskara berbahan alami karena risiko iritasi dan alergi yang lebih kecil.

Namun apabila ternyata kulit terus mengalami reaksi alergi dan iritasi walau sudah menggunakan kosmetik berbahan alami, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter, bila perlu melakukan tes tempel.

Baca juga: Masker Mata, Mampukah Hilangkan Kantung Mata?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah tes khusus yang dilakukan oleh dokter, berbeda dari tes alergi standar yang hanya melihat pemicu alergi seperti jamur dan debu,” kata Lamb.

"Uji tempel diperlukan untuk melihat bahan-bahan di dalam produk yang sebenarnya membuat kulit alergi," tambahnya.

Daniel Laroche dari Advanced Eye Care of New York mengatakan, maskara apapun termasuk yang dari bahan alami tetap dapat menyebabkan masalah pada mata jika seseorang ada alergi.

"Biasanya masalah terbentuk di pangkal bulu mata yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop, bukan mata telanjang. Hal ini dapat memicu infeksi dan alergi," ujar Laroche.

Guna mencegah masalah akibat penggunaan maskara, Laroche merekomendasikan untuk mengganti kosmetik setiap tiga bulan sekali.

Selain itu, pengaplikasian maskara juga harus jauh dari dasar folikel bulu mata. Jangan lupa untuk membersihkan maskara sehabis beraktivitas dengan riasan. Pastikan tidak ada noda yang tertinggal.

Baca juga: 5 Kesalahan Penggunaan Maskara yang Bikin Wajah Tampak Tua



Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.